Pengembangan Bahan Ajar Pendidikan Agama Islam (PAI) Berbasis Information And Communication Technology (ICT) untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa Sekolah Dasar di Kota Balikpapan
Abstract
Saifun Nizar Al Khuri, 2018. “Pengembangan Bahan Ajar Pendidikan Agama Islam (PAI) berbasis Information a¬nd Communication Technology (ICT) untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa Sekolah Dasar di Kota Balikpapan”. Tesis ini di bawah bimbingan Dr. Muhammad Nasir, M. Ag sebagai pembimbing I dan Dr. Khojir, M.SI sebagai pembimbing II.
Perkembangan Teknologi informasi dan komunikasi (ICT) merupakan tantangan tersendiri bagi dunia pendidikan khususnya pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI). Selama ini guru lebih sering menggunakan bahan ajar cetak seperti buku siswa dan buku guru dalam proses pembelajaran, akibatnya lambat laun siswa menjadi kurang antusias dan mudah bosan dalam mengikuti pelajaran, salah satu faktor penyebabnya adalah bahan ajar yang kurang menarik dan kurang variatif. Adapun solusi yang ditawarkan oleh peneliti adalah dengan pengembangan bahan ajar Pendidikan Agama Islam (PAI) berbasis Information a-nd Communication Technology (ICT) yang bertujuan untuk meningkatkan minat belajar siswa Sekolah Dasar (SD).
Penelitian ini merupakan penelitian Research and Development (R&D) desain Borg and Gall yang digunakan hanya 9 langkah yaitu: 1) Pengumpulan informasi awal, 2) Perencanaan, 3) Pengembangan produk awal, 4) Uji coba lapangan awal, 5) Revisi produk utama, 6) Uji coba Lapangan Utama, 7) Revisi Produk operasional, 8) Uji coba lapangan operasional, 9) Revisi produk akhir sampai menghasilkan produk berupa bahan ajar Pendidikan Agama Islam (PAI) berbasis ICT. Instrumen penelitian yang digunakan yaitu observasi, angket, wawancara, dan dokumentasi.
Hasil dari penelitian pengembangan bahan ajar Pendidikan Agama Islam (PAI) berbasis Information and Communication Technology (ICT) dalam meningkatkan minat belajar siswa Sekolah Dasar di Kota Balikpapan memenuhi kriteria valid dengan hasil uji ahli materi mencapai tingkat kevalidan 80%, ahli desain mencapai 88%, hasil uji coba terbatas 89,17%, dan hasil uji coba luas 81,21%, 84,43%, dan 85,23%. Untuk menguji efektifitas bahan ajar dilakukan analisa data “paired sample t-test” dengan menggunakan aplikasi SPSS diperoleh nilai probabilitas atau Sig. (2-tailed) sebesar 0,000 < 0,05, artinya H0 ditolak dan H1 diterima artinya terdapat pengaruh yang signifikan penggunaan bahan ajar Pendidikan Agama Islam (PAI) berbasis berbasis Information and Communication Technology (ICT) dalam meningkatkan minat belajar siswa. Dengan demikian bahan ajar tersebut sudah dinyatakan memiliki kualitas yang baik dan layak untuk gunakan dalam kegiatan pembelajaran di kelas.