Show simple item record

dc.contributor.authorHairani, Annisa
dc.date.accessioned2023-08-15T02:35:20Z
dc.date.available2023-08-15T02:35:20Z
dc.date.issued2022
dc.identifier.urihttp://repository.uinsi.ac.id/handle/123456789/3329
dc.description.abstractAnnisa Hairani, 2022. “Pengaruh Pendampingan Orang Tua, Kemandirian Belajar, dan Motivasi Belajar terhadap Hasil Belajar PAI Siswa di Sekolah Menengah Atas Islam Terpadu Nurul ‘Ilmi Tenggarong”. Tesis. Program Studi Pendidikan Agama Islam Pascasarjana Universitas Islam Negeri Sultan Aji Muhammad Idris (UINSI) Samarinda. Penelitian ini dibimbing oleh Dr. Iskandar, M.Ag sebagai pembimbing I dan Dr. Siti Nor Asiah, M.Pd sebagai pembimbing II. Penelitian ini dilatar belakangi oleh beberapa faktor yang mempengaruhi hasil belajar diantaranya pendampingan orang tua, kemandirian belajar dan motivasi belajar. Pendampingan orang tua diperlukan dalam mencapai keberhasilan belajar anak. Kemandirian belajar diperlukan agar siswa mampu belajar secara mandiri sehingga bisa memperoleh hasil belajar yang ingin dicapai. Tinggi atau rendahnya hasil belajar juga dipengaruhi oleh motivasi belajar. Semakin tinggi motivasi maka semakin tinggi pula hasil belajar yang didapatkan, begitu pula sebaliknya. Hasil observasi awal yang menunjukkan tingginya nilai hasil belajar PAI yang diperoleh siswa SMA IT Nurul 'Ilmi Tenggarong. Berdasarkan observasi awal, diperoleh informasi bahwa hasil belajar berupa nilai ujian akhir semester ganjil mata pelajaran PAI siswa seluruhnya melebihi KKM yang telah ditetapkan yaitu 75. Penelitian ini bertujuan untuk menemukan apakah ada pengaruh pendampingan orang tua terhadap hasil belajar PAI, apakah ada pengaruh kemandirian belajar terhadap hasil belajar PAI, apakah ada pengaruh motivasi belajar terhadap hasil belajar PAI, apakah ada pengaruh pendampingan orang tua, kemandirian belajar, dan motivasi belajar terhadap hasil belajar PAI siswa di SMA IT Nurul Ílmi Tenggarong. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan teknik pengumpulan data berupa observasi, kuisioner atau angket, dan wawancara. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda dan uji hipotesis (Uji F dan uji T). Populasinya adalah seluruh siswa SMA IT Nurul ‘Ilmi Tenggarong yang berjumlah 156 siswa. Teknik pengambilan sampel dengan purposive sampling yang berjumlah 93 siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada pengaruh pendampingan orang tua terhadap hasil belajar PAI dengan nilai koefisien regresi sebesar 0,172 dengan t tabel 1,986 < 2,235 t hitung sehingga Ha diterima, ada pengaruh kemandirian belajar terhadap hasil belajar PAI dengan nilai koefisien regresi sebesar 0,175 dengan t tabel 1,986 < 2,407 t hitung sehingga Ha diterima, ada pengaruh motivasi belajar terhadap hasil belajar PAI dengan nilai koefisien regresi sebesar 0,125 dengan t tabel 1,98 < 2,268 sehingga Ha diterima, ada pengaruh pendampingan orang tua, kemandirian belajar, dan motivasi belajar terhadap hasil belajar PAI dengan nilai F tabel 2,705 < 9,980 F hitung sehingga Ha diterimaen_US
dc.publisherPAI Pascasarjana UINSI Samarindaen_US
dc.subjectMETODE PEMBELAJARANen_US
dc.titlePengaruh Pendampingan Orang Tua, Kemandirian Belajar, dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar PAI Siswa di Sekolah Menengah Atas Islam Terpadu Nurul ‘ Ilmi Tenggarongen_US
dc.typeThesisen_US
dc.identifier.nim2020100004


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record