dc.description.abstract | ABSTRAK
Hikmah Mursidah, 2023 “Pola Interaksi Sosial Anak Usia Dini Dengan Teman Sebaya di TK Labbaika Samarinda”. Skripsi Program Studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini, Jurusan Pendidikan Madrasah, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Universitas Islam Negeri Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda (UINSI). Penelitian ini dibimbing oleh Ibu Dr. Lina Revilla Malik, M.Si dan Bapak Wildan Saugi, M.Pd.
Latar belakang penelitian ini adalah perkembangan sosial anak usia dini ditandai dengan semakin luasnya hubungan selain dengan keluarga sehingga ruang gerak dalam interaksi sosialnya akan bertambah luas dan berkembang. Interaksi sosial dapat tejadi dimana saja, termasuk lingkungan sekolah. Interaksi sosial yang terjadi dengan teman sebaya dapat berwujud hubungan dalam kerjasama, tolong menolong, hingga hubungan yang mengarah pada pertentangan hingga pertikaian. Tujuan dari penelitian ini adalah: 1) untuk mengetahui pola interaksi sosial asosiatif anak usia dini dengan teman sebaya di Tk Labbaika Samarinda, 2) untuk mengetahui pola interaksi sosial disosiatif anak usia dini dengan teman sebaya di Tk Labbaika Samarinda.
Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif yaitu penelitian yang menghasilkan data yang diperoleh dari lapangan dan dideskripsikan secara rinci dan mendalam, pendekatan penelitian menggunakan pendekatan deskriptif yaitu menjelaskan atau menggambarkan fenomena yang terjadi . Lokasi penelitian ini diTK Labbaika Samarinda. Penelitian ini menggunakan sumber data primer yaitu kepala sekolah dan pengajar, sedangkan data sekunder yaitu dokumentasi, arsip sekolah, dan data yang relevan. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Keabsahan data dari penelitian ini menggunakan tringulasi yaitu tringulasi sumber, tringulasi teknik, dan tringulasi waktu. Teknik analisis data yang digunakan adalah kondensasi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian pola interaksi anak usia dini dengan teman sebaya di TK Labbaika Samarinda: 1) Pola interaksi sosial asosiatif anak usia dini dengan tema sebaya yang terdapat di TK Labbaika Samarinda adalah bentuk kerjasama dan asimilasi. Kerjasama meliputi kegiatan membersihkan kelas setelah kegiatan pembelajaran selesai. Ada yang mengangkat meja, merapikan alat tulis, mengambili barang-barang yang berhamburan, dll. Dan asimilasi melalui kegiatan berbagi pada saat makan bersama setelah kegiatan pembelajaran. Adanya sikap empati dan perduli yang dimiliki anak sebagai bentuk menolong temannya yang tidak membawa bekal. 2) Pola interaksi sosial disosiatif anak usia dini dengan teman sebaya di TK Labbaika Samarinda meliputi pertentangan atau pertikaian. Pertengkaran anak-anak bisa terjadi dengan berbagai alasan. Seperti rebutan barang ataupun mainan, pura-pura main kelahi-kelahian jadi berkelahi sungguhan, tersinggung karena diejek oleh temannya, dll. Jika terjadi seperti itu guru harus menjadi penengah agar pertengkaran tidak menjadi besar. Diharapkan anak dapat belajar dari apa yang terjadi dan menjadi anak yang dapat menghargai keputusan orang lain, dapat mengontrol emosi, dan tidak memaksakan kehendak. | en_US |