Implementasi Nilai Karakter Religius dan Peduli Linqkungan Pada Sekolah Alam di Kabupaten Kutai Timur
Abstract
ABSTRAK
Fuad Fadil, 2022. “Implementasi Nilai Karakter Religius dan Peduli Linqkungan Pada Sekolah Alam di Kabupaten Kutai Timur”’. Tesis. Program Studi Pendidikan Agama Islam, Pascasarjana, Universitas Islam Negeri Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda. Penelitian ini dibimbing oleh Dr. Khojir, M.SI. sebagai pembimbing I dan Dr. Agus Setiawan, M. Pd. I. sebagai pembimbing I I.
Karaktcr religius dan peduli lingkungan merupakan salah satu karaktcr penting dalam pendidikan karakter yang menjadi cita-cita luhur bangsa Indonesia. Pelaksanaan penguatan pendidikan karakter telah dicanangkan dalam Kurikulum 2013. Fenomena terjadi saat ini pelaksanaan pcnguatan pendidikan karakter tersebut belum terlaksana secara maksimal. Hal tersebut dapat dilihat dari meningkatnya kuantitas kasus akibat rendahnya tingkat religiusitas masyarakat dan masih tingginya kasus pencemaran lingkungan. Hal ini mengindikasikan bahwa hasil keluaran dari pelaksanaan penguatan pendidikan karakter religius dan peduli lingkungan belum maksimal. Sehingga perlu meninjau kembali implementasi karakter religius dan peduli lingkungan pada bidang pendidikan khususnya pada sekolah alam di Kabupaten Kutai Timur. Sehubungan itu, penelitian ini bertujuan untuk menganalisis implementasi nilai karaktcr religius dan karakter peduli lingkungan serta menganalisis faktor pendukung dan penghambatnya implementasi karakter tersebut pada sekolah alam yang berada di Kabupaten Kutai Timur.
Adapun jenis penelitan ini ialah kualitatif deskriptif untuk mengkaji terkait implementasi pendidikan karakter religus dan peduli lingkungan pada sekolah alam yang berada di Kabupaten Kutai Timur. Pendekatan penelitian ini menggunakan pendekatan Phenomenology dan Ethnography. Teknik analisis data menggunakan analisis data tanggal dan teknik analisis lintas situs. Teknik pengumpulan data yang digunakan ialah teknik observasi, teknik wawancara dan teknik dokumentasi. Uji keabsahan data menggunakan triangulasi sumber, triangulasi teori dan triangulasi metode.
Hasil dalam penelitian implementasi nilai karakter religlus peduli lingkungan pada sekolah alam di Kabupaten Kutai Timur, meliputi: pertama, implementasi karakter religius di lingkungan kelas dan sekolah, integrasi karakter pada sarana dan prasarana sekolah, serta integrasi karakter pengembangan diri peserta didik terlaksana dengan baik, kedua, implementasi karakter peduli lingkungan di lingkungan kelas dan sekolah, integrasi karakter pada sarana dan prasarana sekolah, serta integrasi karakter pengembangan diri peserta didik terlaksana dengan baik, ketiga faktor pendukung meliputi faktor kepribadian peserta didik yang antusias menerima pelajaran, faktor pandangan orang tua peserta didik terhadap sekolah alam, faktor hubungan pendidik dan peserta didik yang sangat baik, faktor interaksi sosial di luar sekolah mendapat dukungan, sedangkan faktor penghambat yaitu faktor pengetahuan yang dimiliki peserta didik dan wali peserta didik yang beragam serta faktor ekonomi yang lemah oleh peserta didik dan calon peserta didik.