Konsep Pendidikan Karakter Dalam Perspektif Al-Qura>n Surah Qāf
Abstract
Supiyah, 2022. “Konsep Pendidikan Karakter Dalam Perspektif Al-Qura>n Surah Qāf”. Tesis. Program Pendidikan Agama Islam Pascasarjana Universitas Islam Negeri Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda. Penelitian ini dibimbing oleh Dr. Mursalim, M.Ag. sebagai pembimbing I dan Dr. H. Mukhtar M. Salam, MA. selaku pembimbing II.
Minimnya pendidikan karakter baik di lingkungan sekitar maupun di dalam lingkungan keluarga sangat mempengaruhi perilaku setiap anak dan mengakibatkan dekadensi moral. Konsep pendidikan karakter telah banyak digambarkan dalam ayat-ayat suci Al-Qura>n, seperti yang terdapat pada surah yang Qāf memberikan gambaran keilmuan tentang berbagai karakter manusia ditinjau dari berbagai sisi. Untuk itu, penelitian ini bertujuan mengkaji konsep pendidikan karakter yang terdapat pada surah Qāf.
Jenis penelitian ini ialah kualitatif, menggunakan library research dengan pendekatan tafsir tematik, sebab dalam penelitian ini mengkaji konsep pendidikan karakter prespektif AL-QUR’AN surah Qāf. Sumber data diambil dari empat tafsir, yaitu tafsir Ibnu Katsir, al-Misbah, al-Azhar, dan al-Munir. Analisis yang digunakan ialah content analisys.
Hasil dari kajian tafsir ini ialah (1) Karakter manusia terbagi menjadi 2 macam, yakni baik dan buruk atau mahmūdah dan mażmūmah, surah Qāf ayat 31 dan 32 dengan istilah muttaqin sebagai karakter baik, sedangakan karakter buruk terdapat pada ayat 22 dengan istilah ghaflah, (2) Nilai-nilai karakter dalam surah Qāf terdapat 30 ayat di kelompokkan dalam 3 nilai utama pendidikan karakter yakni karakter religius 19 ayat, karakter kemandirian 1 ayat , karakter integritas terdapat 10 ayat. (3) Proses penanaman karakter dalam surah Qāf, terdapat 16 ayat yang dikelompokkan menjadi 4 kelompok ayat, yaitu ayat pengawasan, ayat pendampingan, ayat evaluasi, ayat punishment dan ayat reward.