Show simple item record

dc.contributor.authorNahdiyah, Shufi
dc.date.accessioned2023-08-16T00:08:57Z
dc.date.available2023-08-16T00:08:57Z
dc.date.issued2022
dc.identifier.urihttp://repository.uinsi.ac.id/handle/123456789/3340
dc.description.abstractShufi Nahdiyah, 2022. “Kreativitas Guru Rumpun Pendidikan Agama Islam Dalam Meningkatkan Aspek Kognitif Siswa Dalam Pembelajaran Daring”. Tesis. Program Studi Pendidikan Agama Islam, Pascasarjana Universitas Islam Negeri Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda. Penelitian ini dibimbing oleh Dr. Abdul Majid, MA, sebagai pembimbing I dan Dr. Husni Idris, M. Pd., sebagai pembimbing II. Penelitian ini dilatar belakangi oleh peran guru dalam proses pembelajaran yang dapat meningkatkan prestasi belajar siswa dengan pembelajaran daring, guru merupakan motor penggerak mekanisme berlangsungnya situasi belajar mengajar yang melibatkan cara aktif peserta didik dan memanfaatkan secara selektif dan positif alat pendidikan di lingkungan pendidikan. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis kebijakan sekolah dalam memberlakukan pembelajaran daring, kreativitas guru rumpun Pendidikan Agama Islam, desain pembelajaran daring. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dengan pendekatan fenomenologi. Sumber data dalam penelitian ini adalah kepala madrasah, Waka kurikulum, guru, siswa. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data meliputi pengumpulan data, penyajian data dan kesimpulan. Uji keabsahan data dilakukan dengan trianggulasi data, metode, dan analisis komparatif. Kebijakan sekolah dalam memberlakukan pembelajaran daring yaitu berupa SK Kepala Madrasah yakni siswa dapat menggunakan fasilitas sekolah berupa laboratorium komputer sekolah. Guru memvariasikan metode pelajaran dan media pelajaran yang telah didukung dari sekolah seperti e-learning. Bentuk kreativitas guru pendidikan agama Islam yaitu pada MTs. Nurul Hikmah menggunakan metode ekpositori (Explicit instruction) dan metode demonstrasi menggunakan aplikasi whatsapp dan vidio converence pada pelajaran fiqih dan akidah akhlak, metode diskusi kelas dengan aplikasi jitsi pada pelajaran Akidah akhlak dan SKI, Memberikan variasi antara metode diskusi kelompok kecil dan metode jigsaw pada pelajaran fiqih, metode belajar berpasangan dengan aplikasi jitsi pada pelajaran alqur’an hadis, metode discussion breaks, exit card, dan permainan tebak kata pada pelajaran alqur’an hadis dengan aplikasi jitsi. Sedangakan di MTs. Insan Cendekia mengombinasikan metode ceramah dengan ice breaking pada pelajaran alqur’an hadis dan fiqih menggunakan aplikasi whatsapp, Metode hafalan pada pelajaran akidah akhlak, fiqih, alqur’an hadis menggunakan aplikasi whatapp aplikasi dan google classsroom metode bermain peran (role playing) pada pelajaran akidah akhlak dan SKI menggunakan aplikasi whatapp, zoom, dan google classroom Desain pembelajaran daring yakni menggunakan media elektronik seperti E-Learning, Jitsi, WhatsApp (WA), google classroom, google form, aplikasi zoom. Kedua sekolah menggunakan desain pembelajaran blended learning, mengkombinasikan media pelajaran.en_US
dc.publisherPAI Pascasarjana UINSI Samarindaen_US
dc.subjectPENDIDIKAN ISLAMen_US
dc.subjectGURU, PROFESIONALISMEen_US
dc.titleKreativitas Guru Rumpun Pendidikan Agama Islam Dalam Meningkatkan Aspek Kognitif Siswa Dalam Pembelajaran Daringen_US
dc.typeThesisen_US
dc.identifier.nim1920100003


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record