Pengaruh Program Tahfidz Al-Qur’an Terhadap Kedisiplinan Peserta Didik Di SMP Islamic Center Samarinda
Abstract
ABSTRAK
Fatimah Nurlala Iwani 2023, “Pengaruh Program Tahfidz Al-Qur’an Terhadap Kedisiplinan Peserta Didik Di SMP Islamic Center Samarinda”. Skripsi, Program Studi Pendidikan Agama Islam, Jurusan Pendidikan Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Universitas Islam Negeri Sultan Aji Muhammad Idris (UINSI) Samarinda. Penelitian ini dibimbing oleh Bapak Drs. Khairul Saleh, M.Ag dan Bapak Muhamad Agil, S.Si., M.Sc.
Kedisiplinan merupakan salah satu karakter penting sebagai pendukung kesuksesan peserta didik dimasa yang akan datang. Meningkatkan kedisiplinan tidak mudah di kalangan peserta didik, sekolah butuh inovasi dan kreativitas sebagai peningkatan kedisiplinan peserta didik. Salah satu upaya yang dilakukan SMP Islamic Center Samarinda untuk meningkatkan kedisiplinan peserta didik ialah dengan menerapkan program tahfidz al-Qur’an. Dengan adanya penekanan disiplin waktu dan mengikuti aturan melalui kegiatan rutinitas program tahfidz al-Qur’an, kemampuan dalam berdisiplin ini akan berdampak juga pada kegitan yang lainnya, karena mereka menjadi menghargai waktu dan selalu tertib dalam mengikuti aturan sehingga akan terbentuk karakter yang baik pada peserta didik. Dan juga peserta didik akan memiliki kesibukan dan tanggung jawab baru, sehingga mengharuskan mereka untuk disiplin utamanya dalam mengatur waktu dan strategi belajarnya antara belajar al-Qur’an dengan belajar pelajaran umumnya sebaik mungkin guna untuk memenuhi target hafalan. Dengan kebiasaan tersebut, sedikit demi sedikit kedisiplinan akan tumbuh dalam dirinya. Berdasarkan latar belakang tersebut, peneliti tertarik untuk mengkaji lebih dalam mengenai pengaruh program tahfidz al-Qur’an terhadap kedisiplinan peserta didik di SMP Islamic Center Samarinda.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian korelasional. Adapun populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik SMP Islamic Center yaitu sebanyak 129 peserta didik. Sampel yang digunakan peneliti menggunakan teknik purposive sampling yaitu teknik penarikan sampel dengan pertimbangan tertentu. Dengan adanya pertimbangan, maka peneliti menjadikan kelas VIII sebagai sampel dalam penelitian yang berjumlah 38 peserta didik. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan observasi, angket dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan uji kolerasi product moment, uji regresi linear sederhana, uji koefisien determinasi dan uji t.
Hasil yang diperoleh dari penelitian ini adalah program tahfidz al-Qur’an memiliki pengaruh terhadap kedisiplinan peserta didik. Hal tersebut dapat dibuktikan dari hasil pengujian hipotesis program tahfidz al-Qur’an yang menunjukkan nilai thitung > ttabel sebesar 4,930 > 1,688 atau taraf signifikansi 0,000 < 0,05, yang artinya hipotesis dalam penelitian ini Ho ditolak dan Ha diterima. Selanjutnya, berdasarkan hasil analisis koefisien determinasi diperoleh R2 (R Square) sebesar 0,403 atau 40,3%. Hal ini menunjukkan bahwa kemampuan variabel independen (program tahfidz al-Qur’an) yang digunakan mampu mempengaruhi kedisiplinan peserta didik sebesar 40,3%, sedangkan sisanya 59,7% dipengaruhi oleh variabel lain.