Pengaruh Pembelajaran Aqidah Akhlak Terhadap Etika Siswa Di MTS Labbaika Samarinda.
Abstract
ABSTRAK
Zulfa Nur Fadilah, 2023. “Pengaruh Pembelajaran Aqidah Akhlak Terhadap Etika Siswa Di MTS Labbaika Samarinda. Skripsi.Program Studi Pendidikan Agama Islam, Jurusan Pendidikan Islam, Fakultas Tarniyah dan Ilmu Keguruan, Universitas Islam Negri (UIN) Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda”. Di bawah bimbingan Dr. Hj. Noorthaibah, M.Ag sebagai pembimbing I dan Sabran, M. Pd sebagai pembimbing II.
Penelitian ini dilatar belakangi oleh observasi awal dan ketertarikan peneliti untuk meneliti etika siswa di MTS Labbaika Samarinda. Berdasarkan observasi peneliti bahwa etika siswa sangat diperlukan dalam kehidupan seharihari karena ilmu etika ini membicarakan tentang perbuatan dan tingkah laku manusia, yang mana dapat dinilai baik dan buruk. Pada dunia pendidikan yang paling utama adalah seseorang memiliki etika yang baik, perilaku yang baik serta tingkah laku yang baik. Etika berhubungan dengan Pemebelajaran Aqidah Akhlak dimana pembelajaran tersebut menumbuh kembangkan aqidah dan akhlak agar menjadi muslim yang taat dan beriman kepada Allah SWT.
Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Pengumpulan data yang digunakan selama dilapangan penelitian berupa observasi untuk melihat etika siswa di MTS Labbaika Samarinda, penyebaran angket dilakukan kepada seluruh siswa siswi kelas VIII MTS Labbaika Samarinda yang berjumlah 130 orang untuk dijadikan sampel. Penelitian ini menggunakan dokumentasi yang digunakan untuk mengumpulkan data-data berupa foto. Adapun populasi dalam penelitian ini berupa seluruh siswa siswi kelas VIII MTS Labbbaika Samarinda yang berjumlah 163 orang, dengan penentuan sample menggunakan Non Probability Sampling dengan jenis sampel Purposive dimana dalam penentuan jumlah sample menggunakan rumus slovin yang mana tidak memberikan peluang yang sama bagi setiap anggota populasi untuk dijadikan sample. Sedangkan teknik analisis data menggunakan regresi linier sederhana.
Berdasarkan hasil penelitian diperoleh bahwa ada pengaruh yang signifikan antara Pembelajaran Aqidah Akhlak terhadap Etika Siswa di MTS Labbaika Samarinda dibuktikan dengan uji regresi linier sederhana fhitung 8.746 > ftabel 3.915. Selanjutnya pada pengujian hipotesis dengan taraf signifikansi 5% dan degree of freedom 128 dibuktikan diperoleh nilai thitung 2.957 > ttabel 1.655 maka demikian dapat disimpulkan bahwa H1 diterima dan Ho ditolak.