Show simple item record

dc.contributor.authorRanti, Ranti
dc.date.accessioned2023-08-21T02:29:14Z
dc.date.available2023-08-21T02:29:14Z
dc.date.issued2023-06-15
dc.identifier.urihttp://repository.uinsi.ac.id/handle/123456789/3347
dc.description.abstractABSTRAK Ranti, 2023 “Pengaruh Penerapan Perencanaan Pembelajaran terhadap Hasil Belajar pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMA Negeri 5 Samarinda”. Skripsi jurusan Pendidikan Islam, program studi Pendidikan Agama Islam, fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Universitas Islam Negeri Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda (UINSI). Penelitian ini dibimbing oleh Ibu Dra. Hj. Ananiah M, M.Pd selaku pembimbing I dan Ibu Siti Nasiah M.Pd selaku pembimbing II. Rendahnya hasil belajar peserta didik dimungkinkan karena kurangnya penerapan perencanaan pembelajaran guru dalam pembelajaran, kurang lengkapnya perencanaan pembelajaran yang dibuat guru, guru mengajar tanpa berpatokan dengan perencanaan pembelajaran, proses pembelajaran yang dijalankan guru kurang sesuai dengan perencanaan pembelajaran yang sudah direncanakan sehingga peneliti ingin melakukan penelitian yang berjudul Pengaruh Penerapan Perencanaan Pembelajaran terhadap Hasil Belajar pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMA Negeri 5 Samarinda. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada Pengaruh Penerapan Perencanaan Pembelajaran terhadap Hasil Belajar di SMA Negeri 5 Samarinda. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif. Populasi berjumlah 341 peserta didik kelas XI dan sample penelitian ini berjumlah 30 siswa kelas XI MIPS4. Teknik pengumpulan data yang dipakai yaitu angket, soal dan dokumentasi. Teknik uji coba instrumen yaitu dengan menggunakan uji validitas dan reabilitas. Teknik analisis data peneliti menggunakan uji prasyarat yang terdiri dari uji normalitas, uji linieritas. Uji hipotesis data memakai uji korelasi produk moment, uji koefisien determinan dan uji hipotesis. Berlandaskan analisis data yang sudah dilaksanakan oleh peneliti maka tidak ada pengaruh antara penerapan perencanaan pembelajaran terhadap hasil belajar pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMA Negeri 5 Samarinda berjumlah 0,083 jika dilihat dari tabel interpretasi r ada diantara 0,00 – 0,199 berarti ada pada kategori sangat rendah, sedangkan koefisien determinan sebesar 0,103 atau 10,3% dan sisanya 89,7% di pengaruhi oleh banyak fator dari factor internal dan faktor eksternal yang tidak diteliti lebih lanjut Pembuktian hipotesis dengan menguji signifikansinya dengan memakai rumus uji t dan memperoleh hasil -1,796 < 1,701 artinya hipotesis yang telah dikemukakan tidak ada pengaruh yang signifikan antara penerapan perencanaan pembelajaran terhadap hasil belajar pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMA Negeri 5 Samarinda. Sehingga Ho diterima dan Ha ditolak.en_US
dc.publisherUINSI Samarindaen_US
dc.subjectPenerapan, Perencanaan, Pembelajaran, Hasil Belajaren_US
dc.titlePengaruh Penerapan Perencanaan Pembelajaran terhadap Hasil Belajar pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMA Negeri 5 Samarindaen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record