dc.description.abstract | Buku ini menggambarkan bagiamana seorang kepala
sekolah/madrasah dalam melakukan pengembangan kurikulum tahun
2013 yang menjadi agenda perubahan kualitas pendidikan di seluruh
sekolah/madrasah dilakukan oleh masing-masing kementerian di
lingkungannya. Proses pelaksanaan kurikulum tahun 2013 merupakan
amanah undang-undang yang harus dilakukan melalui tahap sosilalisai,
implementasi dan evaluasi agar di peroleh dampak yang maksimal.
Peran kepala madrasah menjadi sangat penting dalam melakukan
perbaikan kualitas pendidikan di madrasah.
Kepala madrasah merupkan seorang top leader yang memiliki
peran strategis dalam meningkatkan kualitas pendidikan. Peran ini dapat
dilakukan melalui pendampingan kurikulum tahun 2013 dan
implementasi manajemen strategis di madrasah. Pada proses penerapan
manajemen strategis dapat dilakukan melalui beberapa tahapan. Bentuk
manajemen starategis yang mempertimbangkan keunggulan, baik dari
perspektif pasar
Manajemen strategis dapat dilakulan dengan melakukan SWOT
analisis, untuk mengetahi apakah ancaman, peluang, hambatan, dan
kekuatan yang dimiliki madrasah sudah dijadikan bahan pertimbangan pengambilan keputusan oleh seorang pemimpin. Proses tersebut dapat
dilakukan dengan meminimalkan ancaman dan memanfaatkan peluang,
melalui kekuatan yang dimilikinya. Hal ini dapat dilakukan dengan
tujuan utama kedepannya menjadi pengelolaan madrasah yang efektif,
efisien dan berdaya guna bagi calon penerus bangsa | en_US |