Pengaruh Penggunaan Aplikasi Tiktok Terhadap Kedisiplinan Belajar Peserta Didik di Madrah Tsanawiyah Darud Da’wah Wal Irsyad (MTs DDI) Tani Aman Samarinda
Abstract
ABSTRAK
Yulianda Putri Rahmawati 2023, “Pengaruh Penggunaan Aplikasi Tiktok Terhadap Kedisiplinan Belajar Peserta Didik di Madrah Tsanawiyah Darud Da’wah Wal Irsyad (MTs DDI) Tani Aman Samarinda”. Skripsi, Program Studi Pendidikan Agama Islam, Jurusan Pendidikan Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Universitas Islam Negeri Sultan Aji Muhammad Idris (UINSI) Samarinda. Penelitian ini dibimbing oleh Bapak Prof. Dr. Muhammad Nasir, M. Ag dan Ibu Yunita Noor Azizah, M. Pd.
Penelitian ini dilatar belakangi oleh penggunaan aplikasi Tiktok yang sedang trend di zaman sekarang ini memiliki kesan candu yang dapat mempengaruhi peserta didik dalam kedisiplinan belajar apabila dalam menggunakan aplikasi tersebut secara berlebihan, hingga waktunya hanya dihabiskan dengan menggunakan aplikasi Tiktok. Dengan demikian, menggunakan aplikasi Tiktok secara terus menerus dengan durasi yang cukup lama, mengakibatkan kurangnya waktu peserta didik dalam belajar dan mengerjakan tugas yang telah diberikan guru di sekolah. Pada observasi awal yang dilakukan oleh peneliti di MTs DDI Tani Aman, peneliti menemukan bahwa beberapa peserta didik kurang disiplin dalam belajar, seperti lupa mengerjakan tugas dan terlambat masuk kedalam kelas serta banyak dari peserta didik mengaku, pada saat bosan dirumah mereka sering menggunakan aplikasi Tiktok hingga lupa waktu dan lalai dalam mengerjakan tugas ataupun belajar. Berdarkan latar belakang tersebut, peneliti tertaik untuk mengkaji lebih dalam mengenai seberapa pengaruh penggunaan aplikasi tiktok terhadap kedisiplinan belajar peserta didik di MTs DDI Tani aman Samarinda, dengan bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh penggunaan aplikasi Tiktok terhadap kedisiplinan belajar peserta didik di MTs DDI Tani Aman Samarinda.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode deskriptif dan dengan model survey. Populasi penelitian ini adalah Kelas VII dan Kelas VIII dan sampel penelitian ini menggunakan Teknik Random Sampling dengan perhitungan kelas VII 29 peserta didik dan kelas VIII 31 peserta didik. Teknik pengumpulan data menggunakan 1) observasi, 2) Angket, dan 3) dokumentasi, yang setelah itu dianalisis menggunakan uji t untuk melihat ada atau tidaknya pengaruh.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan aplikasi Tiktok terdapat pengaruh terhadap kedisiplinan belajar peserta didik. Berdasarkan tabel interpretasi r terletak diantara 0,40 – 0,599, sehingga tingkat korelasinya termasuk kategori cukup. Jadi penggunaan aplikasi Tiktok cukup berpengaruh terhadap kedisiplinan belajar peserta didik di MTs DDI Tani Aman Samarinda. berdasarkan uji t, menunjukkan hasil nilai thitung lebih besar dari pada ttabel atau 4,631 > 1,672. Maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh antara penggunaan aplikasi Tiktok terhadap kedisiplinan belajar peserta didik. Hasil hipotesis menunjukkan bahwa besarnya pengaruh penggunaan aplikasi Tiktok terhadap kedisiplinan belajar adalah sebesar 27% sedangkan sisanya 73% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini dan hasil hipotesis Ha diterima.