Show simple item record

dc.contributor.authorRosita, Rosita
dc.date.accessioned2023-08-30T01:09:51Z
dc.date.available2023-08-30T01:09:51Z
dc.date.issued2023-05-05
dc.identifier.urihttp://repository.uinsi.ac.id/handle/123456789/3353
dc.description.abstractABSTRAK Rosita, 2023, ”Penanaman Nilai-Nilai Sosial Keagamaan di Lembaga Kesejahteraan Sosial Anak (LKSA) Samarinda”. Tesis. Program Studi Pendidikan Agama Islam, Program Pascasarjana Universitas Islam Negeri Sultan Aji Muhammad Idris (UINSI) Samarinda. Penelitian dibimbing oleh Dr. Khojir , M.SI sebagai pembimbing I dan Dr. Hj. Fathul Janah, M.SI sebagai pembimbing II. Latar belakang penelitian ini adalah tingginya tingkat kemiskinan, kurangnya pendidikan dan perhatian orang tua serta pola asuh yang kurang baik, sehingga mengakibatkan terjadinya penelantaran anak, anak dapat terpapar pergaulan bebas dan kenakalan remaja, khususnya yang terjadi di Kota Samarinda dan keadaan anak sangatlah mengkhawatirkan. Perlu mendapatkan perhatian khusus sebab dapat membawa pengaruh negatif, semakin longgarnya ikatan sosial dan melemahnya nilai-nilai serta hubungan sosial keagamaan di masyarakat. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kebijakan, pelaksanaan dan hasil implementasi penanaman nilai-nilai sosial keagamaan di Lembaga Kesejahteraan Sosial Anak (LKSA) Samarinda dalam penerapannya di kehidupan sehari-hari serta sarana prasarananya. Jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan fenomenologi dan sosiologi. Tempat penelitian di LKSA Uswatun Hasanah, Istiqamah Muhammadiyah dan Ruhamaa Samarinda. Sumber data, ketua yayasan, pengurus/staff, kepala pengasuh, pengasuh dan anak asuh. Teknik pengumpulan data yaitu berupa observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yaitu analisis data tunggal dan analisis multisitus. Uji keabsahan data menggunakan triangulasi sumber data, triangulasi teori dan triangulasi metode. Hasil penelitian 1) kebijakan penanaman nilai-nilai sosial keagamaan di Lembaga Kesejahteraan Sosial Anak (LKSA) Uswatun Hasanah dan Ruhamaa ditetapkan melalui rapat rutin dan evaluasi, sedangkan di Istiqamah Muhammadiyah melalui obrolan rutin dan evaluasi, 2) pelaksanaan penanaman nilai-nilai sosial keagamaan di LKSA Uswatun Hasanah melalui kegiatan ta’lim, hadits masjid, praktik harian, piket, ahad bersih, puasa sunah, ta’aruf, dzikir dan shalawat, Istiqamah Muhammadiyah dengan ceramah, kajian keagamaan, hadist masjid, praktik, piket, edukasi video youtube, berbagi, ahad bersih dan puasa sunah, Ruhamaa dengan ceramah, kajian fiqih, edukasi video youtube, ahad bersih, piket, praktik dan berbagi, 3) Hasil implementasi penanaman nilai-nilai sosial keagamaan di ketiga LKSA Samarinda dalam penerapannya di kehidupan sehari-hari (a) amanah/jujur, anak membiasakan berkata dan berperilaku sesuai perintah agama, anak membiasakan bertutur kata dan berbuat yang dapat dipertanggungjawabkan serta konsisten dengan perintah agama, (b) tolong-menolong, anak menunjukkan sifat saling bekerjasama dan tolong-menolong sebagai cerminan iman, (c) sedekah, anak sedekah ilmu pengetahuan, tenaga, makanan, senyuman, memberi makan hewan dan sedekah barang/benda, (d) ukhuwah Islamiyah, anak saling mengenal (ta’aruf), bersatu (ta’aluf), memahami (tafahum), perhatian (ri’ayah), membantu dalam kebaikan (ta’awun), menolong (tanashur), (e) iffah, anak dapat menjaga diri dari perbuatan buruk, segala bentuk penzaliman, sifat khianat dan dapat menahan lisan dari hal buruk.en_US
dc.publisherUINSI Samarindaen_US
dc.subjectNilai-Nilai Sosial, Keagamaanen_US
dc.titlePenanaman Nilai-Nilai Sosial Keagamaan di Lembaga Kesejahteraan Sosial Anak (LKSA) Samarindaen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record