Show simple item record

dc.contributor.authorHikmah, Nurul
dc.date.accessioned2023-09-01T01:54:55Z
dc.date.available2023-09-01T01:54:55Z
dc.date.issued2023-01-17
dc.identifier.urihttp://repository.uinsi.ac.id/handle/123456789/3363
dc.description.abstractABSTRAK Nurul Hikmah, 2022. Pengaruh Teman Sebaya Terhadap Prestasi Belajar peserta didik pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di SEKOLAH MENENGAH PERTAMA Negeri 9 Balikpapan. Skripsi. Program Studi Pendidikan Agama Islam Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Universitas Islam Negeri Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda. Penelitian ini dibimbing oleh Bapak Gianto M.Pd.I selaku pembimbing I dan Bapak Abdul Basith M.Pd selaku pembimbing II. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh prestasi belajar siswa yang dapat dipengaruhi oleh teman sebayanya. Pengaruh teman sebaya yang mengarah pada hal-hal positif akan menciptakan prestasi belajar yang tinggi, begitupun sebalikya jika teman sebayanya mengarah pada hal-hal negatif akan mengakibatkan rendahnya prestasi belajar tersebut. Oleh karena itu, peneliti memilih pengaruh teman sebaya terhadap prestasi belajar peserta didik khususnya pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMPN 9 Balikpapan. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh teman sebaya terhadap prestasi belajar peserta didik pada mata pelajaran Pendidikan Agma Islam di SMPN 9 Balikpapan. Untuk mencapai tujuan tersebut, penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif deskriptif mengunakan metode survei. Sampel pada penelitian ini menggunakan teknik random sampling dengan jumlah 38 orang. Adapun pengumpulan data dapat dilakukan dengan mengadakan Observasi, menyebarkan angket dan didukung dengan dokumentasi. Analisis data menggunakan uji Regresi Linier Sederhana. Hasil penelitan menunjukkan bahwa nilai koefisien korelasi R= 0.579 dan di formulasikan dalam bentuk persentase koefisien determinasi sehingga diperoleh hasil keberpengaruhan teman sebaya terhadap prestasi belajar PAI yaitu sebesar 33.6%. Hasil uji t menunjukan bahwa thitung 4.266>2.028 dengan nilai signifikansi sebesar 0.014 <0.05 yang berarti bahwa H0 ditolak dan Ha diterima sehingga terdapat pengaruh yang signifikan pada teman sebaya terhadap prestasi belajar peserta didik pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP Negeri 9 Balikpapan.en_US
dc.publisherUINSI Samarindaen_US
dc.subjectTeman Sebaya, Prestasi Belajaren_US
dc.titlePengaruh Teman Sebaya Terhadap Prestasi Belajar peserta didik pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di SEKOLAH MENENGAH PERTAMA Negeri 9 Balikpapan.en_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record