Show simple item record

dc.contributor.authorFatimah, Nurul
dc.date.accessioned2023-09-01T02:27:29Z
dc.date.available2023-09-01T02:27:29Z
dc.date.issued2023-06-12
dc.identifier.urihttp://repository.uinsi.ac.id/handle/123456789/3364
dc.description.abstractABSTRAK Nurul Fatimah, 1911101216 2023.“Peran Guru PAI dalam Nilai-nilai Toleransi pada siswa di SMP Negeri 8 Samarinda”. Skripsi, program Studi Pendidikan Agama Islam, Jurusan Pendidikan Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Universitas Islam Negeri (UIN) Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda. Penelitian ini dibimbing oleh Bapak Muhammad Iwan Abdi,M.SI dan Ibu Dr.Susmiyati, M.Pd.I Latar belakang dari penelitian ini adalah bahwa di SMP Negeri 8 Samarinda, peneliti menemukan adanya siswa yang berasal dari latar belakang yang berbeda-beda, yaitu dari agama Islam, Kristen, dan Katolik. Meskipun agama Islam menjadi mayoritas di sekolah tersebut, namun tetap terjalin dengan baik. Disini peneliti ingin mengetahui bagaimana peran guru PAI dalam menanamkan nilai-nilai toleransi pada siswa di SMP Negeri 8 Samarinda. Metode penelitian dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Penelitian dilakukan di SMP Negeri 8 Samarinda. Adapun Sumber data diperoleh dari guru PAI dan Siswa. Dalam pengumpulan data, peneliti menggunakan metode observasi, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Sedangkan untuk analisisnya peneliti menggunakan teknik analisis deskriptif, yaitu berupa kondensasi data, penyajian data, penarikan kesimpulan. Hasil penelitian peran guru PAI dalam menanamkan nilai-nilai toleransi pada siswa di SMP Negeri 8 yaitu guru berperan sebagai pendidik, pengajar, sumber belajar, fasilitator, pembimbing dan penasihat. Memberikan bimbingan serta didikan melalui materi yang berkaitan dengan toleransi. Memberikan contoh-contoh kepada siswa dalam pengaplikasian nilai-nilai toleransi. Dan memberikan ruang kepada siswa untuk mengajukan pertanyaan serta menyampaikan pendapat. Guru PAI tidak membeda-bedakan siswa dari perbedaan latar belakang dan guru memberikan arahan ke seluruh siswa. Faktor penghambat ada dua yaitu: faktor sikap atau individu adanya sikap kurangnya kesadaran terhadap perbedaan latar belakang dan faktor lingkungan yang memiliki kebiasaan buruk sehingga terbawa di kehidupan sehari-hari maupun dilingkungan sekolah. Adapun Faktor pendukung yaitu pertama dari orang tua yang mana orang tua merupakan madrasah pertama bagi perkembangan anak. kedua dukungan dari Guru karena guru yang menjadi tauladan, tokoh, orang tua siswa di sekolah. Kata kunci : Peran Guru PAI, Nilai-Nilai Toleransien_US
dc.publisherUINSI Samarindaen_US
dc.subjectPeran Guru PAI, Nilai-Nilai Toleransien_US
dc.titlePeran Guru PAI dalam Nilai-nilai Toleransi pada siswa di SMP Negeri 8 Samarindaen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record