Konsep Pendidikan Islam Perspektif Syed Muhammad Naquib Al-Attas
Abstract
ABSTRAK
Syaifullah, 2023, “Konsep Pendidikan Islam Perspektif Syed Muhammad Naquib Al-Attas” Program studi Pendidikan Agama Islam. Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Universitas Islam Negeri Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda. Penelitihan ini dibimbing oleh Dr. Khojir, M.SI selaku pembimbing I dan Misbahul Fuad, M.Pd.I, selaku pembimbing II.
Masalah pendidikan Islam merupakan masalah yang tidak akan pernah tuntas diwacanakan, tidak akan pernah rampung didesign, dan tidak akan pernah diperoleh solusi akhir, karena pendidikan Islam berkenaan dengan persoalan umat Islam dengan jumlah yang sangat besar, melebihi satu milyar, dengan pola kehidupan masing-masing yang sangat dinamis. Berbagai pemikiran dan solusi telah dikemukakan oleh para ahli, terutama menyangkut konsep dan implementasi konsep tersebut, yang sudah tentu bahwa warna-warni pemikirannya banyak dipengaruhi oleh pandangan hidup, nilai-nilai, dan pengalaman yang mereka lalui. Salah satu tokoh pendidikan Islam yang merumuskan pendidikan Islam adalah Syed Muhammad Naquib Al-Attas. Peneliti mengangkat tokoh ini, karena ia adalah salah seorang intelektual Muslim yang memberikan kontribusi baru dalam dunia pendidikan Islam. Adapun fokus dari penelitian ini adalah apa saja pemikiran Syed Muhammad Naquib Al-Attas tentang pendidikan Islam dan relevansinya pada era sekarang? Sedangkan tujuan penelitian ini ialah untuk mengetahui dan mengkaji pendidikan Islam menurut Syed Muhammad Naquib Al-Attas.
Penelitian ini bersifat deskriptif kualitatif dengan jenis penelitian kepustakaan atau library research yaitu lebih menitikberatkan pada pengumpulan data dari berbagai sumber yang relevan. Dalam hal ini mencakup buku-buku, internet, dan hasil penelitian yang terkait dengan judul karya ilmiah ini. Adapun analisis yang dugunakan dalam penelitian ini adalah analisis mengalir atau flow model yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa menurut pandangan Syed Muhammad Naquib Al-Attas, pendidikan Islam adalah proses penanaman ilmu ke dalam diri manusia. Tujuan mencari pengetahuan dalam Islam ialah menanamkan kebaikan dalam diri manusia sebagai manusia dan sebagai diri individual. Tujuan akhir pendidikan Islam ialah menghasilkan manusia yang baik. Karena dalam Islam, tujuan mencari pengetahuan pada puncaknya adalah untuk menjadi seorang manusia yang baik. Konsep ta’dib atau adab digunakan dalam istilah pendidikan yang menurut Syed Muhammad Naquib Al-Attas dianggap lebih tepat, sebab di dalamnya sudah mencakup antara ilmu dan amal sekaligus. Syed Muhammad Naquib Al-Attas membagi ilmu menjadi dua jenis yakni ilmu fardhu ‘ain dan Ilmu fardhu kifayah. Hal tersebut juga relevan dengan pembagian ilmu dalam pendidikan Indonesia yakni ilmu agama, ilmu sosial, dan ilmu sains.