Implementasi Metode Tilawati Dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Al-Qur’an Bagi Siswa Kelas VII B MTs An-Nur Samarinda
Abstract
ABSTRAK
Muhammad Saproni, 2022. “Implementasi Metode Tilawati Dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Al-Qur’an Bagi Siswa Kelas VII B MTs An-Nur Samarinda”.Skripsi, Program Pendidikan Agama Isalam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Universitas Islam Negri Sultan Aji Muhammad Idris (UINSI) Samarinda. Penelitian dibimbing Oleh bapak Muhammad Iwan Abdi M.Si selaku pembimbing I dan bapak Misbahul Fuad M.Pd selaku pembimbing II.
Latar belakang penelitian ini guna untuk mengetahui bagaimana implemntasi metode tilawati dalam meningkatkan kemempuan membaca Al-Qur’an bagi siswa kelas VII B MTs An-Nur Samarinda. Implementasi pembelajaran Al-Qur’an dengan metode tilawati dalam meningkatkan kemampuan membaca Al-Quran di MTs An-Nur samarinda, Pengajaran metode tilawati yang dilakukan pertama membaca bersama-sama halaman yang telah dibaca sebelumnya yang dilakukan secara klasikal, yang kedua guru membaca lanjutan halaman berikutnya dan guru memberikan pengarahan bacaan yang benar dan menyuruh peserta didik untuk membaca secara klasikal atau bersama-sama, yang ketiga yaitu membaca secara klasikal tanpa bimbingan guru hanya peserta didiknya saja yang membaca, yang keempat membaca satu persatu agar guru mengetahui kelancaran peserta didik. Tujuanya untuk mengetahu bagaimana implentasi metode tilawati di Mts An-Nur Samarinda, disana terlihat bahwa kebanyakan dari santri baru khususnya kelas VII karena metode tilawati ini hanya ada pada kelas VII, terlihat masih banyak santri yang belum bisa membaca Al-Qur’an bahkan ada yang belum mengenal huruf hijaiyah sama sekali, namun ada juga sebagian yang pandai membaca Al-Qur’an namun masih terbata-bata.
Metode penelitian yang digunakan adalah metode pendekatan kualitatif deskriptif, sumber data dan subjek dari pada penelitian ini adalah guru tilawati dan beberapa siswa yang ada di kelas VII B MTs An-Nur Samarinda. Yang menjadi informan bagi penulis ialah guru dan siswa, dengan pengumpulan data dan informasi menggunakan metode observasi, wawancara, serta dokumentasi. Dalam penelitian ini peneliti menggunakan tiga metode/teknik anaIisis data diantaranya adalah reduksi data, penyajian data, serta penarikan kesimpuIan dan verifikasi.
Implementasi metode tilawati dalam meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur’an bagi siswa di MTs An-Nur Samarinda. Implementasi metode tilawati dalam pembelajaran di MTs An-Nur memiliki ciri khas tersendiri yaitu dengan pendekatan klasikal dan pendekatan individual. Pendekatan klasikal dalam pembelajaran Al-Qur’an dengan metode tilawati di MTs An-Nur dilaksanakan dengan 3 tehnik yaitu Teknik 1,( guru membaca siswa mendengarkan ), Teknik 2 ( guru membaca siswa menirukan ),Teknik 3 ( guru dan siswa sama-sama membaca)Pendekatan individual dilaksanakan dengan tehnik baca simak dengan sistem roling, dengan tujuan akhir agar siswa dapat membaca dengan keselruhan dengan lancar.