dc.description.abstract | ABSTRAK
Arista, 2023 “Perbandingan Prestasi Belajar Siswa BerAsrama dan Non Asrama pada Rumpun Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di MTs AlMujahidin 2 Samarinda” Skripsi, Jurusan Pendidikan Islam Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan Universitas Islam Negeri (UIN) Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda,” Penelitian ini dibimbing oleh Bapak Drs. Darwis, M.Si selaku dosen pembimbing I dan Ibu Imroh Atul Musfiroh, M.Pd.I selaku dosen pembimbing II.
Latar Belakang penelitian ini yaitu MTs Al-Mujahidin 2 Samarinda adalah salah satu sekolah yang mengadopsi sistem Boarding School MTs Al-Mujahidin 2 memiliki asrama, dengan adanya program asrama diasumsikan bahwa siswa yang di asrama akan lebih baik prestasi belajarnya dalam ranah afektif daripada siswa yang diluar asrama. Meskipun demikian, tidak menutup kemungkinan siswa diluar asrama bisa lebih baik prestasi belajarnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbandingan prestasi belajar siswa berasrama dan non asrama pada rumpun mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di MTs Al-Mujahidin 2 Samarinda dan faktor-faktor yang mempengaruhi prestasi belajar siswa berasrama dan non asrama pada rumpun mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di MTs AlMujahidin 2 Samarinda.
Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Teknik pengumpulan data dengan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data dengan model miles, huberman dan saldana yaitu pengumpulan data, kondensasi data, penyajian data dan kesimpulan. Keabsahan data dengan triangulasi.
Berdasarkan hasil analisis data dengan melihat nilai rata-rata pada hasil belajar siswa, dari 18 siswa yang tinggal di asrama, rata-rata nilai PAI mereka adalah 84,80 dan hasil belajar dari 18 siswa yang tinggal di non asrama, rata-rata nilai PAI mereka adalah 83,83 dari hasil rata-rata nilai tersebut yang berselisih 1,03 maka dinyatakan terdapat perbedaan antara prestasi belajar siswa berasrama dan non asrama. Hasil dari wawancara terhadap beberapa guru PAI bahwasanya prestasi dan keberhasilan dalam belajar juga dipengaruhi oleh faktor internal dan faktor eksternal. | en_US |