View Item 
  •   Repository Home
  • E-Skripsi
  • Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan
  • E-Skripsi - Pendidikan Agama Islam
  • View Item
  •   Repository Home
  • E-Skripsi
  • Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan
  • E-Skripsi - Pendidikan Agama Islam
  • View Item
JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

Upaya Guru Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Bagi Siswa SMP Plus Melati

Thumbnail
View/Open
Iin Rafika Fitri.docx (15.92Kb)
Date
2023-06-16
Author
Fitri, Iin Rafika
Metadata
Show full item record
Abstract
ABSTRAK Iin Rafika Fitri, 2023. “Upaya Guru Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Bagi Siswa SMP Plus Melati”. Program Studi Pendidikan Agama Islam, Jurusan Pendidikan Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Universitas Islam Negeri Sultan Aji Muhammad Idris (UINSI) Samarinda. Penulisan skripsi ini dibawah bimbingan Dr. Hj. Fathul Jannah, M.SI selaku Pembimbing I dan Nurwati, M. Pd selaku Pembimbing II. SMP Plus Melati Samarinda merupakan salah satu sekolah yang berwawasan Bahasa, bersuasana religius, berprestasi, berbudaya dan peduli lingkungan. Bersuasana religius berarti oleh guru-guru dalam hal ini, guru Pendidikan Agama Islam mengajarkan bagaimana seharusnya siswa yang religius dan bersikap agamis juga berdisiplin tidak hanya kepada peraturan yang dibuat oleh sekolah tetapi juga tunduk dan patuh pada Tuhan. Namun pada kenyataannya, sebagimana observasi awal yang dilakukan disekolah tersebut, ditemukan masih ada siswasiswi yang belum mencapai tingkat ketuntasan dalam pembelajaran khususnya Pendidikan Agama Islam yang mereka dapatkan disekolah. Hal tersebut terjadi disebabkan karena kurangnya memperhatikan ketika guru menjelaskan saat proses belajar mengajar berlangsung. Maka dari itu, perlu adanya upaya guru dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran pendidikan agama islam bagi siswa SMP Plus Melati Samarinda. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitin ini adalah deskriptif kualitatif yaitu mendeskripsikan hasil penelitian dalam bentuk narasi atau katakata. Penelitian ini m erupakan jenis penelitian Field Research atau penelitian lapangan. Sumber data dalam penelitian ini ialah kepala sekolah dan guru PAI SMP Plus Melati dan 2 orang siswa. Pengumpulan data dengan Teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan ialah penyajian data dan verifikasi atau penarikan kesimpulan. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini ialah upaya guru dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran PAI bagi siswa SMP Plus Melati adalah dengan beberapa cara: (1) Memberikan motivasi kepada siswa pada saat kegiatan belajar mengajar (KBM); (2) Mengevaluasi pemahaman siswa terhadap materi yang telah diajarkan oleh guru; (3) Memberikan reward kepada siswa yang mendapatkan nilai tinggi; (4) Membiasakan siswa untuk belajar mandiri dengan membaca buku dan berperilaku positif.
URI
http://repository.uinsi.ac.id/handle/123456789/3377
Collections
  • E-Skripsi - Pendidikan Agama Islam [864]

DSpace software copyright © 2002-2016  DuraSpace
Contact Us | Send Feedback
Theme by 
Atmire NV
 

 

Browse

All of DSpaceCollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

My Account

LoginRegister

DSpace software copyright © 2002-2016  DuraSpace
Contact Us | Send Feedback
Theme by 
Atmire NV