Internalisasi Nilai-nilai Moderasi Beragama dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMA Negeri 7 Samarinda
Abstract
ABSTRAK
Rizky Wahyu Kurniawan 1611101026 Internalisasi Nilai-nilai Moderasi Beragama dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMA Negeri 7 Samarinda. Skripsi Program Studi Pendidikan Agama Islam Universitas Islam Negeri Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda. Dibimbing oleh Drs. Darwis, M.Si sebagaipembimbing I dan Imro’atul Musfirah,M.Pd.I sebagai II.
Moderasi Beragama merupakan cara pandang atau sikap seseorang yang senantiasa berusaha mengambil jalan tengah dari dua sikap yang berbeda atau berlebihan dengan motif kebangsaan, toleransi, kekerasan dan kebudayaan lokal. Secara empiris temuan peneliti berdasarkan indikator di atas ialah, siswa masih menjaga nilai-nilai kebangsaan, adanya upacara bendera merah putih, keteribatan sekolah dalam merayakan hari kemerdekaan RI. Terjaganya nilai budaya, seperti seragam batik dan gotong royong. Toleransi antar umat beragama melalui PHBI dimana siswa tetap terlibat, Non muslim menjalankan mata pelajaran agamanya dikala siswa sedang menjalankan ibadah jum’at. dan adanya tatatertib larangan melakukan kekerasan baik sesama muslim maupun non muslim. Dalam hal ini setiap orang termasuk siswa berpotensi memiliki sikap Moderat dalam beragama tergantung ia berada di lingkungan seperti apa. Dalam penelitian ini bertujuan untuk mengatahui Internalisasi Nilai-Nilai Moderasi Beragama dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMA Negeri 7 Samarinda
Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Sumber data menggunakan teknik Random Sampling, namun peneliti terlebih dahulu menentukan klasifikasi kelas dan jenis kelamin. Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Selanjutnya data dianalisis dengan menggunakan beberapa langkah sesuai teori Milles, Huberman yaitu menganalisis data dengan tiga langkah: kondensasi data (data condensation), menyajika data (data display), dan menarik kesimpulan (conculsion drawing and verification.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa internalisasi nilai moderasi beragama dalam pembelajaran pendidikan agama islam di SMA Negeri 7 Samarinda Guru Pendidikan Agama Islam di sekolah SMA Negeri 7 Samarinda senantiasa menginternalisasikan nilai Moderasi Beragama melalui materi pembelajaran di setiap rumpun PAI, pembiasaan sholat berjama’ah secara rutin dilaksanakan oleh SMA Negeri 7 Samarinda guna membangun sikap religius pada siswa. Faktor pendukung yaitu kegiatan ekstrakurikuler dan visi sekolah, hubungan emosional, mata pelajaran PKN dan muatan lokal, dengan demikian siswa jauh dari prilaku ekslusif, ekstrimisme dan diksriminatif antarsiswa dan faktor penghambat yaitu, integrasi setiap mata pelajaran latar belakang guru dan siswa yang berbeda-beda dan materi ajar