Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Masalah Terhadap Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti Siswa di SDN 019 Balikpapan Barat
Abstract
ABSTRAK
Andina Nur Chofifah 2023, “Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Masalah Terhadap Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti Siswa di SDN 019 Balikpapan Barat”. Skripsi, Program Studi Pendidikan Agama Islam, Jurusan Pendidikan Islam. Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Universitas Islam Negeri Sultan Aji Muhammad Idris (UINSI) Samarinda. Penelitian ini dibimbing oleh Bapak Prof. Dr. Zurqoni, M.ag dan Bapak Muhamad Agil, S.Si., M.Sc.
Penelitian ini dilatar belakangi oleh penggunaan model pembelajaran yang digunakan oleh guru dalam mata pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) dan Budi Pekerti untuk mengatasi rasa jenuh dan bosan peserta didik yang akan mempengaruhi hasil belajar. Pada observasi yang peneliti lakukan, peneliti menemukan bahwa guru mata pelajaran PAI dan Budi Pekerti di SDN 019 Balikpapan Barat menggunakan model pembelajaran berbasis masalah yaitu dengan metode alat peraga dan metode diskusi dalam mata pelajaran PAI dan Budi Pekerti. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh model pembelajaran berbasis masalah terhadap hasil belajar PAI dan Budi Pekerti peserta didik di SDN 019 Balikpapan Barat.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian deskriptif kuantitatif. Populasi penelitian ini ialah peserta didik kelas IV dan yang menjadi sampel pada penelitian ialah peserta didik kelas IV A dengan jumlah 24 peserta didik dan IV C dengan jumlah 25 peserta didik. Teknik pengumpulan data menggunakan 1) Observasi, 2) Angket, 3) Dokumentasi, yang kemudian akan dianalisis dengan uji koefisien determinasi untuk mengetahui seberapa besar pengaruh model pembelajaran berbasis masalah terhadap hasil belajar PAI dan Budi Pekerti siswa kelas IV A dan C di SDN 019 Balikpapan Barat.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh penggunaan model pembelajaran berbasis masalah terhadap hasil belajar PAI dan Budi Pekerti siswa khususnya siswa kelas IV dengan melihat interpretasi nilai r diketahui angka tersebut berada dalam interval 0,400 – 0,599 yang diartikan bahwa korelasi anatara pengaruh model pembelajaran berbasis masalah terhadap hasil belajar PAI dan Budi Pekerti siswa kelas IV SDN 019 Balikpapan Barat adalah sedang atau cukup. Berdasarkan uji t yang yang diperoleh sebesar 1,684 dan dalam perhitungan thitung diatas diperoleh hasil 3,911. Maka dapat disimpulkan bahwa thitung = 3,911 > ttabel = 1,684 yang diartikan bahwa H1 diterima. Hasil koefisien determinasi menunjukkan besarnya pengaruh model pembelajaran berbasis masalah terhadap hasil belajar PAI dan Budi Pekerti siswa kelas IV di SDN 019 Balikpapan Barat sebesar 24,6%.