dc.description.abstract | ABSTRAK
Nur Sanah, 2023. “Peran Guru Rumpun PAI Dalam Menanamkan Nilai-Nilai Spiritual Siswa Di MI Hidayatul Mustaqim Balikpapan”. Skripsi Program Studi Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Universitas IslamNegeri Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda. Peneliti ini dibimbing oleh Bapak Muhammad Iwan Abdi, M.SI Sebagai Pembimbing I dan Bapak Dr.Akhmad Muadin,M.Pd sebagai Pembimbing II
Latar Belakang dari Penelitian ini ialah Peran Rumpun Guru PAI di Sekolah Menjadi Salah Satu Starategi Sekolah Untuk Menanamkan Nilai-Nilai Spiritual,Pendidikan di Indonesia cenderung mengutamakan sikap sosial dan religius dalam pelaksanaanya, tetapi masih saja di temukan berbagai permasalahan contohnya seperti masi banyak siswa yg berkata-kata dengan kasar ataupun berbicara tidak sopan Adapun penerapan kegiaatan keagaaman di sekolah ini ialah sholat dhuha, sholat berjamaah,zikir di pagi hari, pembelajaran membaca dan menghafal al-Qur’an serta mempelajari hadis mengenai adab Demikian juga peran guru PAI sebagai pembimbing dan pelatih sangat penting untuk membantu mengarahkan proses pembelajaran yang berupa perkembangan perjalanan, fisik dan mental spiritual siswa. Sehingga dapat dipahami bahwasannya Peran guru PAI dalam menanamkan nilai spiritual menjadi faktor penting dalam mewujudkan suasana sekolah yang baik.
Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Sumber data adalah kepala sekolah, Guru Pendidikan Agama Islam dan siswa MI Hidayatul Mustaqim Balikpapan dengan teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Adapun teknik keabsahan data dalam penelitian ini menggunakan tringulasi sumber, teknik dan waktu. Teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data, verifikasi data dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukan bahwa proses yang di peroleh yaitu Peran Rumpun Guru PAI dalam menanamkan nilai-nilai spiritual siswa di MI Hidayatul Mustaqim Balikpapan Hasil penelitian menunjukkan bahwa peran guru Pendidkan Agama Islam dalam membimbing dan menanamkan nilai-nilai spiritual siswa sudah terlaksana dengan sesuai. Hal ini terlihat dari peranan guru rumpun PAI sebagai Motivator, Pembimbing, Penasehat, Evaluator, Pendidik dan selalu memberikan Peranan kepada siswa melalui program keagamaan seperti contohnya guru sebagai pembimbing seperti membimbing sholat,membimbing zikir, guru sebagai penasehat seperti menasehati siswa agar rajin dan tertib mengikuti kegiaatan keagamaan, guru sebagai motivator seperti memotivasi agar tetap semangat dalam melakukan kegiaatan kegiaatan keagamaan, guru sebagai pendidik seperti guru mendidik agar belajar dan juga memberikan contoh yang baik kepada sisiwa, guru sebagai evaluator seperti guru mengavaluasi siswa agar ketika melakukan kegiaatan bisa lebih baik lagi. | en_US |