Pengaruh Label Halal Dan Merek terhadap Minat Beli Kosmetik Wardah (Studi kasus Mahasiswa dan Mahasiswi Universitas Islam Negeri Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda.
Abstract
ABSTRAK
Ulya Qarimah, 2022, Pengaruh Label Halal Dan Merek terhadap Minat Beli Kosmetik Wardah (Studi kasus Mahasiswa dan Mahasiswi Universitas Islam Negeri Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda. Tesis, Program Studi Ekonomi Syariah. Pascasarjana, Universitas Islam Negeri Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda. Dibawah bimbingan Bapak Dr. Iskandar, M. Ag selaku pembimbing pertama dan bapak Dr. Mursyid, S. Ag, MSI.
Latar belakang penelitian ini adalah karena industri halal saat ini sangat mendunia. Tidak hanya disektor keuangan, hal ini juga menyangkut produk makanan dan minuman serta produk kecantikan. Umat muslim saat ini sangat memperhatikan kosmetik halal apapun jenisnya. Produk kosmetik halal diakui sebagai produk yang bersih, aman, dan berkualitas tinggi. Industri kosmetik halal global diperkirakan mencapai USD 13 miliar dengan tingkat pertumbuhan tahunan sebesar 12%. Pasar kosmetik saat ini menyumbang 11% dari total industri halal global. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh label halal dan merek terhadap minat beli kosmetik wardah (studi kasus mahasiswa dan mahasiswi Universitas Islam Negeri Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda)
Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Variabel dalam penelitian ini adalah minat beli (Y) sebagai variabel dependent dan label halal (X1) dan merek (X2) sebagai variabel Independen, yang menjadi responden dalam penelitian ini adalah mahasiswa Pascasarjana Universitas Islam Negeri Sultan Aji Muhammad Idris Kota Samarinda. Jumlah sampel yang digunakan sebanyak 85 responden. Sumber data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer dan sekunder. Analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis uji regresi linier berganda.
Hasil dari penelitian ini menunjukkan hasil bahwa label halal secara parsial berpengaruh secara signifikan terhadap minat beli, yang mana hasil uji tersebut menunjukkan nilai signifikansi sebesar 0.008 < 0.05 atau t_hitung sebesar 2.709 < 1.98932 t_tabel. Merek secara parsial berpengaruh signifikan terhadap minat beli, yang mana hasil uji tersebut menunjukkan nilai signifikansi sebesar 0.000 < 0.05 atau t_hitung sebesar 6.455 < 1.98932 t_tabel maka dapat ditarik kesimpulan bahwa variabel merek berpengaruh terhadap minat beli. Label halal dan merek secara simultan berpengaruh signifikan terhadap minat beli di mana hasil uji diperoleh nilai signifikansi sebesar 0.000 < 0.05 dengan nilai F_hitung 51.436 > 3.11 f_tabel.