Pengaruh Penerapan Metode Pembelajaran Card Sort terhadap Antusiasme Siswa Kelas IX Mata Pelajaran Fikih di MTs Al-Istiqomah Loa Janan
Abstract
ABSTRAK
Sri Jumiati, 2023. “Pengaruh Penerapan Metode Pembelajaran Card Sort terhadap Antusiasme Siswa Kelas IX Mata Pelajaran Fikih di MTs Al-Istiqomah Loa Janan”, Skripsi, Program Studi Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Universitas Islam Negeri Sultan Aji Muhammad Idris (UINSI) Samarinda. Peneliti ini dibimbing oleh Ibu Dra. Etty Nurbayani, M.Pd selaku pembimbing I dan Bapak Abdul Razak, M.Pd selaku pembimbing II.
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh antusias siswa yang dipandang dapat memberikan semangat siswa dalam belajar di dalam kelas, dapat membuat siswa menjadi termotivasi bahkan dapat membuat siswa menjadi senang dalam belajar, namun realita di lapangan membuktikan bahwa banyak siswa yang jenuh dalam belajar, siswa tidak semangat dan siswa tidak termotivasi dalam belajar. Hal ini perlu adanya penerapan suatu metode pembelajaran yang dapat memberikan semangat siswa belajar di dalam kelas serta dapat menarik perhatian siswa dalam belajar. Salah satu metode yang diterapkan tersebut adalah metode card sort. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui besarnya pengaruh antara penerapan metode pembelajaran card sort terhadap antusiasme siswa kelas IX mata pelajaran fikih di MTs Al-Istiqomah Loa Janan.
Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa Kelas IX MTs Al-Istiqomah Loa Janan yang berjumlah 98 siswa. Teknik sampling yang digunakan adalah teknik sampling jenuh dengan menggunakan seluruh populasi untuk dijadikan sebagai sampel penelitian. Teknik pengumpulan data menggunakan angket/kuesioner, observasi dan dokumentasi yang telah terbukti validitas reliabilitasnya. Data tersebut telah memenuhi syarat normalitas, linearitas, homogenitas, heteroskedastisitas. Data dianalisis menggunakan uji hipotesis berupa uji korelasi product moment, uji determinasi dan uji t.
Hasil penelitian ini diperoleh nilai korelasi (r) sebesar 0,632 angka tersebut berada pada interval 0,60 - 0,799 yaitu menunjukkan “kuat” dengan nilai kontribusi hubungan sebesar 39,9%. Dapat diketahui diperoleh nilai tℎ𝑖𝑢𝑛𝑔 7,980 > nilai t𝑡𝑎𝑏𝑒𝑙 1,66088. Kemudian diperoleh nilai signifikansi sebesar 0,001 < 0,05, maka dapat disimpulkan bahwa H0 ditolak dan H𝑎 diterima, artinya terdapat pengaruh antara variabel X (metode card sort) terhadap variabel Y (antusiasme siswa).