Show simple item record

dc.contributor.authorNur, Nopian
dc.date.accessioned2023-09-20T00:36:44Z
dc.date.available2023-09-20T00:36:44Z
dc.date.issued2023-04-13
dc.identifier.urihttp://repository.uinsi.ac.id/handle/123456789/3414
dc.description.abstractABSTRAK Nopian Nur, 2023 “Penerapan Model Quantum Teaching Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti di SMA Negeri 6 Samarinda Tahun Pembelajaran 2022/2023”. Skripsi, Jurusan Pendidikan Islam. Penelitian ini dibimbing oleh Drs. Darwis, M.SI sebagai pembimbing I dan Dr. H. Akhmad Ramli, M.Pd sebagai pembimbing II. Latar belakang penelitian ini adalah Pendidikan Agama Islam saat ini sedang dihadapkan pada masalah yang sangat mendasar. Seorang guru dituntut untuk mengembangkan kemampuan dan membentuk peserta didik yang cerdas dan bermartabat, agar dapat mengembangkan potensi peserta didik menjadi manusia yang beriman dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, kreatif, mandiri dengan berbagai cara pembelajaran yang disediakan. Salah satu cara untuk meningkatkan motivasi belajar siswa perlu diterapkannya pembelajaran yang menyenangkan seperti model pembelajaran quantum teaching learning yang dimana model ini cocok diterapkan kepada siswa, tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui tentang penerapan quantum teaching dalam meningkatkan motivasi belajar siswa mata pelajaran Pendidikan Agama Islam. Penelitian ini menggunakan penelitian lapangan dengan pendekatan deskriptif kualitatif. Lokasi penelitian ini adalah di SMA Negeri 6 Samarinda. Subjek penelitian ini ialah guru Pendidikan Agama Islam yang menerapkan model Quantum Teaching Learning. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah pengumpulan data, kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini adalah bahwa penerapan model Quantum Teaching dalam meningkatkan motivasi belajar siswa mata pelajaran Pendidikan Agama Islam, ini dapat membuat siswa berpartisipasi aktif, kreatif dan lebih senang mengikuti pelajaran disekolah serta memberikan nuansa baru bagi siswa dalam belajar. Dengan penerapan Quantum Teaching siswa lebih antusias dalam mengikuti proses belajar mengajar yang mana dalam Quantum Teaching terdapat berbagai cara atau metode yang dapat mengembangkan dan membangkitkan gairah siswa dalam belajar.en_US
dc.publisherUINSI Samarindaen_US
dc.subjectModel Quantum Teaching, Motivasi Belajaren_US
dc.titlePenerapan Model Quantum Teaching Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti di SMA Negeri 6 Samarinda Tahun Pembelajaran 2022/2023en_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record