Show simple item record

dc.contributor.authorRahmadi, Zaid Iqbal
dc.date.accessioned2023-09-21T03:11:51Z
dc.date.available2023-09-21T03:11:51Z
dc.date.issued2023-04-12
dc.identifier.urihttp://repository.uinsi.ac.id/handle/123456789/3423
dc.description.abstractABSTRAK Zaid Iqbal Rahmadi, 2023. “Pengaruh Platform Quizizz Terhadap Minat Belajar Pendidikan Agama Islam Siswa Sekolah Menengah Pertama Negeri 3 Tanjung Redeb.” Skripsi, Program Studi Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Universitas Islam Negeri (UIN) Sultan Aji Muhammad Idris. Pembimbing I Prof. Dr. Muhammad Nasir, M.Ag dan Pembimbing II Dr. Akhmad Muadin, M.Pd. Latar belakang penelitian ini adalah semakin berkembangnya teknologi diera saat ini. Pendidik dapat melakukan inovasi dalam proses pembelajaran dengan memanfaatkan media pembelajaran agar pembelajaran menjadi lebih menarik agar minat belajar siswa menjadi meningkat. Salah satu media pembelajaran yang dapat digunakan adalah platform quizizz. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh signifikan platform quizizz terhadap minat belajar Pendidikan Agama Islam siswa di Sekolah Menengah Pertama Negeri 3 Tanjung Redeb. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Populasinya adalah seluruh siswa kelas VII Sekolah Menengah Pertama Negeri 3 Tanjung Redeb yang berjumlah 200 orang. Teknik sampel yang digunakan adalah Purposive Sampling dan diambil 15% dari populasi sehingga dipilih 30 orang siswa yang menjadi sampel. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah angket dan dokumentasi. Variabel yang digunakan dalam penelitian ini adalah platform quizizz dan minat belajar siswa. Hasil analisis data didapat nilai r = 0,686 yang berarti terdapat pengaruh yang kuat platform quizizz terhadap minat belajar Pendidikan Agama Islam di Sekolah Menengah Pertama Negeri 3 Tanjung Redeb. Kemudian nilai koefisien determinasi sebesar 47% platform quizizz memiliki pengaruh terhadap minat belajar Pendidikan Agama Islam dan sisanya 53% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diteliti oleh penulis. Nilai thitung diperoleh sebesar 4,98 dengan nilai signifikansi sebesar 0,00 dan ttabel 2,048 sehingga thitung > ttabel dan nilai signifikansi < 0,05 yang berarti Ho ditolak dan Ha diterima. Dengan demikian kesimpulan pada penelitian ini adalah terdapat pengaruh yang signifikan antara platform quizizz terhadap minat belajar Pendidikan Agama Islam siswa di Sekolah Menengah Pertama Negeri 3 Tanjung Redeb.en_US
dc.publisherUINSI Samarindaen_US
dc.subjectPlatform Quizizz, Minat Belajaren_US
dc.titlePengaruh Platform Quizizz Terhadap Minat Belajar Pendidikan Agama Islam Siswa Sekolah Menengah Pertama Negeri 3 Tanjung Redeb.en_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record