dc.description.abstract | ABSTRAK
Ilham Wahyudi, 2023. Pembinaan Akhlakul Karimah pada Siswa Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 4 Samarinda. Skripsi, Program Studi Pendidikan Agama Islam, Jurusan Pendidikan Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Universitas Islam Negeri Sultan Aji Muhammad Idris (UINSI) Samarinda, penelitian ini dibimbing oleh Prof. Dr. Muhammad Nasir, M.Ag selaku pembimbing I dan Hajriana, M.Pd selaku pembimbing II.
SMK Negeri 4 Samarinda termasuk sekolah yang melaksanakan pembinaan akhlakul karimah ini secara terprogram dan tidak terprogram. Program ini merupakan salah satu program sekolah yang Islami. Fakta di lapangan peneliti menemukan praktik pembinaan dilakukan menganjurkan dan membiasakan siswa untuk mengimplementasikan nilai-nilai karakter di lingkungan sekolah maupun dalam belajar dan program sekolah lainnya, sehingga melalui arahan kegiatan sekolah muncul akhlak yang berlandaskan pada nilai-nilai luhur pada hakikatnya siswa masih banyak yang melanggar aturan sekolah maka dilakukan penelitian sebagai berikut; 1) Pembinaan Akhlakul Karimah pada siswa SMK Negeri 4 Samarinda dalam bentuk dan prosesnya, dan; 2) Untuk mengetahui apa saja faktor pendukung dan penghambat Pembinaan Akhlakul Karimah Siswa SMK Negeri 4 Samarinda.
Penelitian menggunakan metode kualitatif. Pendekatan dalam penelitian ini menggunakan pendekatan studi kasus. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data yang didapat di analisis menggunakan teknik reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Teknik keabsahan data menggunakan teknik triangulasi sumber data, dan triangulasi teknik bentuk.
Hasil penelitian; 1). Pembinaan akhlakul karimah pada Siswa SMK Negeri 4 Samarinda. Bentuk-bentuk pembinaan akhlakul karimah pada siswa SMK Negeri 4 Samarinda terdiri atas kegiatan Rohis yang mana kegiatan rohis mencakup habsyi, keputrian, bimbingan mental, tadabur alam, serta kegiatan infak dan pembinaan lainnya salat Dhuha, Dzuhur, dan Asar berjamaah, mentoring, literasi Al-Qur‘an, dan pembiasaan doa sebelum dan sesudah belajar. Proses pembinaan akhlakul karimah di SMK Negeri 4 Samarinda dilaksanakan secara rutin yakni pada kegiatan harian, mingguan bulanan dan tahunan; materi yang disampaikan berupa motivasi belajar, fiqih umum dan fiqih wanita; narasumber yang mengisi kegiatan adalah guru Pendidikan Agama Islam SMK Negeri 4 sendiri atau didatangkan narasumber dari luar; metode yang digunakan yaitu pembiasaan, keteladanan, nasihat, teguran, dan hukuman; 2) Faktor pendukung dan penghambat dalam pembinaan akhlakul karimah pada siswa SMK Negeri 4 Samarinda yaitu; Faktor pendukungnya adalah faktor internal yakni datang dari dalam diri siswa berupa motivasi, dan eksternal, berupa faktor yang datang dari luar yaitu sarana prasarana yang disediakan sekolah; b) Faktor penghambat terdiri dari faktor internal yakni kurangnya kesadaran siswa atas pembinaan akhlakul karimah, dan faktor eksternal berupa pengaruh pergaulan luar sekolah, media sosial, dan hubungan anggota keluarga. | en_US |