Korelasi Buku Setor Hafalan Dengan KedisplinanSiswa Menghafal Al-Qur’an Di Madrasah Tsnawiyah Darul Ihsan Samarinda
Abstract
ABSTRAK
Nur Anisa, 2023, “Korelasi Buku Setor Hafalan Dengan KedisplinanSiswa Menghafal Al-Qur’an Di Madrasah Tsnawiyah Darul Ihsan Samarinda”. Skripsi, Jurusan Pendidikan Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu KeguruanUniversitas Islam Sultan Aji Muhammad Idris (UINSI) Samarinda. Penelitianini dibimbing oleh bapak Gianto, M.Pd.I dan bapak Fathur Rahman, M.Si.
Penelitian ini dilatar belakangi bahwa Di sekolah Madrasah Tsanawaiyah Darul Ihsan Samarinda dalam memberikan nilai menggunakan buku kecil yang dimana bisa disebut dengan buku setor hafalan. Dan setiap semester menghafalkan surah atau hadis yang berbeda, misalnya seperti semester 1 merekamenghafal surah Al-fajr, Al-Baqarah, dan lain-lain, dan di semester 2 mereka menghafalakan surah dan hadis yang berbeda dari semester sebelumnya. Kegiatanpelaksanaan setoran hafalan menggunakan metode talaqqi pada siswa kelas VII, VIII, dan IX di Madrasah Tsanawiyah Darul Ihsan Samarinda melibatkan pencatatan hasil setoran siswa pada lembar mutaba'ah yang telah disediakan oleh pihak sekolah. Pencatatan dilakukan oleh guru sebagai bentuk pemantauan dan evaluasi terhadap perkembangan hafalan siswa. Adapun rumusan masalahdari penilitian ini adalah 1). Apakah buku setor hafalan mempunyai korelasi dengankedisiplinan siswa dalam menghafal Al-Qur’an ? 2). Seberapa besar korelasi antara buku setor hafalan dengan kedisiplinan siswa ? Tujuan dari penelitianini adalah 1). untuk mengetahui apakah buku setor hafalan mempunyai korelasi dengan kedisiplinan siswa dalam menghafal Al-Qur’an. 2). Untuk mengetahui seberapa besar korelasi antara buku setor hafalan dengan kedisiplinan siswa.
Jenis penelitian dalam penelitian ini adalah penelitian kuantitatif yang datanya dideskripsikan dalam bentuk angka-angka dan dihasilkan melalui perhitungan dengan rumus stastistika. Populasi yang berjumlah 144 siswa dan sampel penelitian sebanyak 60 siswa dengan Teknik pengambilan sampel menggunakan Purposive Sampling. Uji keabsahan data dengan uji validitas dan realibilitas. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu dengan observasi, angket dan dokumentasi. Sedangkan Teknik analisis data uji normalitas, uji linearitas, uji koefisien korelasi perason, uji hipotesis, uji koefisien determinasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa didapati t hitung 5,92 > t tabel 1,672yangmenunjukkan adanya korelasi dari buku setor hafalan terhadap kedisplinan siswa. Diperoleh nilai r sebesar 0,618 dan nilai koefisien dereminasi sebesar 0,381yang mengandung pengertian bahwa korelasi buku setor hafalan dengan kedisplinan siswa sebesar 38% dan nilai koefisien korelasi sebesar 0,618yangjika diinterprestasikan berada pada korelasi yang “ Lemah “. Jadi dapat peneliti simpulkan bahwa korelasi buku setor hafalan dengan kedisplinan siswa terdapat korelasi yang lemah dengan kata lain hipotesis diterima.