dc.description.abstract | ABSTRAK
Ayi Solihin, 2019. “Pendekatan Saintifik Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di Sekolah Menengah Atas Negeri (SMAN) Kota Balikpapan (Studi Multisitus di SMAN 1, SMAN 2 dan SMAN 5 Balikpapan)”. Tesis Program Studi Pendidikan Agama Islam (PAI). Program Pascasarjana. Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Samarinda. 2019 di bawah bimbingan Dr. M. Abzar D, M.Ag, sebagai Pembimbing I dan Dr. H. Muhammad Tahir, S.Ag, MM. sebagai Pembimbing II.
Pendekatan saintifik adalah pendekatan yang digunakan pada Kurikulum 2013 melalui langkah-langkah pembelajaran mengamati (observing), menanya (questioning), mengumpulkan informasi/mencoba (experimenting), menalar/mengasosiasi (associating), mengomunikasikan (communicating). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana menerapan pendekatan saintifik pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMAN Kota Balikpapan, 2) mengetahui bagaimana pelaksanaan pendekatan saintifik pembelajaran Pendidikan Agama Islam, dan 3) mengetahui apa saja faktor pendukung dan penghambat penerapan pendekatan saintifik dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam.
Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif. objek dalam penelitian ini meliputi guru Pendidikan Agama Islam (PAI) dan siswa kelas X (sepuluh) Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Balikpapan, Sekolah Menengah Atas Negeri 2 Balikpapan dan Sekolah Menengah Atas Negeri 5 Balikpapan. Metode penelitian ini menggunakan observasi langsung, wawancara, dan telaah dokumen. Teknik analisis data menggunakan model Miles and Huberman melalui tahapan Reduksi data (data reduction), Penyajian data (data display), dan Penarikan kesimpulan dan verifikasi (conclusion drawing/verification).
Hasil penelitian menunjukkan bahwa perencanaan pembelajaran dengan pendekatan saintifik di Sekolah Menengah Atas Negeri (SMAN) kota Balikpapan diwujudkan melalui pembuatan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) telah sesuai dengan prinsip-prinsip dan langkah-langkah pembuatan RPP. Dalam pelaksanaan pembelajaran dengan pendekatan saintifik di Sekolah Menengah Atas Negeri (SMAN) Kota Balikpapan telah sesuai dengan langkah-langkah pada kegiatan inti yaitu terlihat adanya proses mengamati, menanya, mengumpulkan informasi/mencoba, menalar/mengasosiasi dan mengomunikasikan. Faktor pendukung dalam penerapan pendekatan saintifik pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMAN Kota Balikpapan diantaranya; sumber daya manusia yang baik, sarana prasarana yang memadai seperti media/alat pembelajaran, lingkungan yang kondusif dan penguasaan teknologi. Sedangkan faktor penghambatnya adalah bagaimana merubah paradigma atau persepsi siswa bahwa pembelajaran harus berpusat pada siswa, karenanya siswa dituntut untuk aktif. Begitupun guru tidak lagi merupakan satu-satunya sumber belajar oleh karena itu berikan seluas-luasnya kepada siswa untuk aktif dan kreatif. | en_US |