Efektivitas Model Pembelajaran Cooperative Learning Tipe Teams Game Tournament (TGT) Berbantu Media Mystery Box Pada Mata Pelajaran Fiqih Terhadap Hasil Belajar di Madrasah Tsanawiyah Darussalam Samarinda
Abstract
ABSTRAK
Alfian Maulidnur, 2023. “Efektivitas Model Pembelajaran Cooperative Learning Tipe Teams Game Tournament (TGT) Berbantu Media Mystery Box Pada Mata Pelajaran Fiqih Terhadap Hasil Belajar di Madrasah Tsanawiyah Darussalam Samarinda. Skripsi, jurusan Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Univeristas Negeri Islam Sultan Aji Muhammad Idris (UINSI) Samarinda”. Penelitian ini dibimbing oleh Wahdatun Nisa, M.A. sebagai pembimbing I dan Dr. Habib Anwar Al Anshori, M.Pd. sebagai pembimbing II.
Latar belakang penelitian ini adalah ditemukannya hasil belajar yang dinilai masih rendah pada mata pelajaran fiqih. Salah satu faktor yang mempengaruhi hal tersebut ialah penerapan model pembelajaran yang masih bersifat konvensional, sehingga penerapan model pembelajaran yang baru perlu diuji untuk mengetahui perubahan hasil belajar siswa pada mata pelajaran fiqih. Maka dari itu tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui seberapa efektifkah penggunan model pembelajaran Cooperative Learning Tipe Teams Game Tournament (TGT) berbantu media Mystery Box pada mata pelajaran Fiqih terhadap hasil belajar di Madrasah Tsanawiyah Darussalam Samarinda.
Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode quasy-experiment dengan pendekatan control group pre-test post-test design. Lokasi penelitiannya yaitu MTs Darussalam Samarinda. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling dengan jumlah sampel sebanyak 58 orang siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan instrumen penelitian tes berupa soal pilihan ganda dengan dibantu dokumentasi dan observasi.
Berdasarkan hasil uji hipotesis (uji T) dengan independent samples test menyatakan bahwa nilai Asymp. Sig 0.000 < Sig α (0.05). Dengan demikian berarti hipotesis alternatif diterima. Kemudian hasil analisis deskriptif nilai sebelum dan sesudah penggunaan model pembelajaran Teams Game Turnamen berbantu media Mystery Box terdapat selisih antara nilai pre-test dan post-test (66.3-85.6) sebesar 19.3. Dengan demikian nilai post-test hasil belajar pada siswa lebih tinggi daripada nilai pre-test, sehingga model pembelajaran Teams Game Turnamen berbantu media Mystery Box berdampak positif terhadap hasil belajar siswa. Kemudian berdasarkan uji koefisien determinasi diperoleh nilai R square 0,603 sehingga dapat disimpulkan bahwa pengaruh penggunaan model pembelajaran teams games turnamen terbantu media Mystery Box sebesar 60,3% dan 39,7% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak dimasukkan ke dalam penelitian ini