View Item 
  •   Repository Home
  • E-Skripsi
  • Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan
  • E-Skripsi - Pendidikan Agama Islam
  • View Item
  •   Repository Home
  • E-Skripsi
  • Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan
  • E-Skripsi - Pendidikan Agama Islam
  • View Item
JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

Pengaruh Pendidikan Karakter Terhadap Perilaku Bullying Di SMA Setia Marga Samarinda

Thumbnail
View/Open
Azizah Rifdah Syarqi.docx (15.77Kb)
Date
2023-08-10
Author
Rifdah Syarqi, Azizah
Metadata
Show full item record
Abstract
ABSTRAK Azizah Rifdah Syarqi, 2023 “Pengaruh Pendidikan Karakter Terhadap Perilaku Bullying Di SMA Setia Marga Samarinda”. Skripsi jurusan Pendidikan Islam, program studi Pendidikan Agama Islam, fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Universitas Islam Negeri Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda (UINSI). Penelitian ini dibimbing oleh Ibu Dra. Hj. Ananiah M, M.Pd selaku pembimbing I dan Ibu Aam Amaliatus Sholihah, M.Pd selaku pembimbing II. Latar belakang penelitian ini diawali dengan akhlak siswa yang mengkhawatirkan yang mana rendahnya rasa empatik dan memudarnya rasa saling menghargai dan menghormati antar sesama teman yang ditandai dengan adanya perilaku bullying yang mengakibatkan rasa takut, cemas dan tidak aman berada dilingkungan sekolah. Maka dari itu SMA Setia Marga menjalankan program pendidikan karakter dengan mengikuti nilai-nilai yang ada pada pendidikan karakter dengan metode pembiasaan, keteladanan dan pengajaran. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui seberapa besar pengaruh pendidikan karakter terhadap perilaku bullying di SMA Setia Marga Samarinda. Jenis penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kuantitatif. Penelitian ini merupakan penelitian populasi karena subjeknya kurang dari 100, adapun jumlah populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI diambil dengan teknik random sampling yang berjumlah 76 siswa. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan observasi, angket dan dokumentasi. Kemudian pengolahan data menggunakan SPSS versi 26 dan analisis data menggunakan rumus product moment. Hasil penelitian menyatakan untuk korelasi atau pengaruh pendidikan karakter terhadap perilaku bullying menunjukkan korelasi yang cukup kuat 0,58 dengan uji taraf signifikansi 5%. Kemudian di uji taraf signifikansi pada df = 0,1 diperoleh thitung > ttabel atau 6,14 > 1,66 maka Ha diterima dan H0 ditolak artinya signifikan. Sehingga terdapat pengaruh pendidikan karakter terhadap perilaku bullying di SMA Setia Marga Samarinda dengan pengaruh sebesar 33% sisanya 67% dipengaruhi oleh variabel lain.
URI
http://repository.uinsi.ac.id/handle/123456789/3443
Collections
  • E-Skripsi - Pendidikan Agama Islam [868]

DSpace software copyright © 2002-2016  DuraSpace
Contact Us | Send Feedback
Theme by 
Atmire NV
 

 

Browse

All of DSpaceCollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

My Account

LoginRegister

DSpace software copyright © 2002-2016  DuraSpace
Contact Us | Send Feedback
Theme by 
Atmire NV