Pengaruh Penggunaan Media Audio Visual Murni Gerak Terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran Fiqih Di MAN Balikapapan (Studi Eksperimen Pada Materi Pengurusan Jenazah Siswa Kelas X)
Abstract
ABSTRAK
Yoneta Dwi Wulandari, 2023 “Pengaruh Penggunaan Media Audio Visual Murni Gerak Terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran Fiqih Di MAN Balikapapan (Studi Eksperimen Pada Materi Pengurusan Jenazah Siswa Kelas X)” Skripsi, Program Studi Pendidikan Agama Islam (PAI), Jurusan Pendidikan Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Universitas Islam Negeri (UIN) Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda, penelitian ini dibimbing oleh Ibu Dra. Etty Nurbayani, M.Pd sebagai pembimbing I dan Ibu Yunita Noor Azizah, M.Pd.I sebagai pembimbing II.
Latar belakang penelitian ini adalah kurang tertariknya peserta didik terhadap pembelajaran Fiqih terlebih pada materi pengurusan jenazah, karena pembelajaran di kelas cenderung membosankan dan hanya menggunakan metode dan media pembelajaran yang monoton seperti metode pembelajaran ceramah dan media yang dipakai hanya buku pelajaran. Berdasarkan permasalahan tersebut mengakibatkan peserta didik malas dan tidak bekonsentrasi pada saat pembelajaran sehingga tidak mendapatkan hasil yang memuaskan. Maka dari itu, peneliti terdorong untuk mengadakan penelitian menggunakan media pembelajaran audio-visual dengan harapan peserta didik lebih bisa tertarik pada meteri pembelajaran dan berkonsentrasi sehingga dapat mencapai hasil belajar yang maksimal dan dapat mengingat materi pembelajaran dalam jangka waktu yang panjang. Tujuan dari penelitian ini adalah Untuk menganalisis pengaruh penggunaan media audio-visual murni gerak terhadap hasil belajar mata pelajaran fiqih di MAN Balikpapan (studi eksperimen pada materi pengurusan jenazah siswa kelas X).
Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research) dengan menggunakan metode eksperimen. Eksperimen yang digunakan untuk menjelaskan dan meramalkan yang akan terjadi pada suatu variabel apabila diberikan suatu perlakuan tertentu pada variabel lainnya. Jenis desain yang digunakan adalah “Nonequivalent Control Group Design pendekatan pre-test – post-test Control Group Design”.
Hasil yang diperoleh dari penelitian ini adalah berdasarkan pengujian hipotesis dengan paired sample t-test menggunakan software SPSS 26 for Windows diperoleh nilai signifikansi akhir sebesar 0,005 < 0,05. Yang artinya data tersebut menunjukkan bahwa adanya pengaruh pada hasil belajar siswa, serta adanya perbedaan yang signifikan antara nilai kelas kontrol dengan menggunakan media audio-visual dan nilai kelas eksperimen dengan menggunakan media buku pelajaran. Maka hipotesis alternatif (Ha) yang diajukan dinyatakan diterima bahwa terdapat pengaruh penggunaan media audio-visual murni gerak terhadap hasil belajar mata pelajaran fiqih di MAN Balikpapan (studi eksperimen materi pengurusan jenazah siswa kelas X).