Show simple item record

dc.contributor.authorKartono, Rudi
dc.date.accessioned2020-04-16T07:53:23Z
dc.date.available2020-04-16T07:53:23Z
dc.date.issued2019-06-28
dc.identifier.urihttp://repository.iain-samarinda.ac.id/handle/123456789/344
dc.description.abstractABSTRAK Rudi Kartono, 2019. “Efektivitas Komunikasi dan Teknologi Informasi terhadap Pelayanan Tata Usaha Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 2 Samarinda”. Tesis. Program Studi Komunikasi Penyiaran Islam, Program Pascasarjana (PPs) Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Samarinda. Penelitian ini dibimbing oleh Dr. Mursalim, M. Ag selaku pembimbing I dan Dr.Hj. Ida Suryani Wijaya, M. Si selaku pembimbing II. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kondisi subjektif untuk mengetahui dampak dari efektivitas komunikasi pegawai tata usaha dan pemanfaatan teknologi informasi terhadap kualitas pelayanan tata usaha di Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 2 Samarinda, sebagaimana diketahui, pegawai tata usaha selalu berinteraksi untuk melayani orang banyak dengan berbagai latar belakang pendidikan dan keperluan. Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Mengetahui efektivitas komunikasi terhadap pelayanan tata usaha pada Madrasah Aliyah Negeri 2 Samarinda, 2). Mengetahui efektivitas teknologi informasi terhadap pelayanan tata usaha pada Madrasah Aliyah Negeri 2 Samarinda. Penelitian ini melibatkan 91 responden terdiri dari guru dan siswa. Teknik pengumpulan data dengan observasi lapangan dan kuesioner/angket yang disusun berdasarkan teori-teori komunikasi, teknologi informasi dan pelayanan tata usaha. Adapun teknik analisis data menggunakan pendekatan korelasi dan regresi yang didahului dengan uji prasyarat normalitas dan linieritas data. Dari analisis data, korelasi efektivitas komunikasi terhadap pelayanan tata usaha sebesar 0,742 yang menunjukkan hubungan yang kuat antar dua variabel. Kemudian, dari analisis regresi linier diperoleh nilai determinasi sebesar 0,551 atau 55,1 % yang menunjukkan hubungan yang erat antara efekivitas komunikasi dengan pelayanan tata usaha. Sementara dari persamaan regresi diperoleh sumbangsih variabel efektivitas komunikasi terhadap pelayanan tata usaha sebesar 0,856 atau 85,6 %. Demikian juga, diperoleh korelasi teknologi informasi terhadap pelayanan tata usaha sebesar 0,779 yang menunjukkan hubungan yang kuat antar dua variabel. Kemudian dari analisis regresi linier diperoleh nilai determinasi sebesar 0,607 atau 60,7 % yang menunjukkan hubungan yang erat antara teknologi informasi dengan pelayanan tata usaha. Sementara dari persamaan regresi diperoleh sumbangsih variabel teknologi informasi terhadap pelayanan tata usaha sebesar 0,964 atau 96,4 %. Pengujian secara resultan antar efektivitas komunikasi dan efektivitas teknologi informasi terhadap pelayanan tata usaha diperoleh nilai determinasi sebesar sebesar 0,640 atau 64 %. Kemudian dari analisis regresi berganda diperoleh data secara berurutan sebesar 0,364 atau 36,4 % untuk efektivitas komunikasi dan 0,644 atau 64,4 % untuk teknologi informasi. Dengan demikian, dari penelitian ini diperoleh hasil yaitu efektivitas komunikasi maupun teknologi informasi memberi dampak positif terhadap Pelayanan Tata Usaha Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 2 Samarinda.en_US
dc.publisherIAIN Samarindaen_US
dc.subjectEfektivitas, Komunikasi, Teknologi Informasi, dan Pelayanan Tata Usahaen_US
dc.titleEfektivitas Komunikasi dan Teknologi Informasi terhadap Pelayanan Tata Usaha Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 2 Samarindaen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record