Show simple item record

dc.contributor.authorAnnisa, Annisa
dc.date.accessioned2023-10-10T02:17:48Z
dc.date.available2023-10-10T02:17:48Z
dc.date.issued2023-01-01
dc.identifier.urihttp://repository.uinsi.ac.id/handle/123456789/3453
dc.description.abstractABSTRAK Annisa, 2022. “Peran Guru Dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Al-Qur’an di Taman Pendidikan Al-Qur’an As- Shomad Lempake Samarinda”. Skripsi, Program Studi Pendidikan Agama Islam. Jurusan Pendidikan Islam. Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan. Universitas Islam Negeri Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda”. Penelitian ini dibimbing oleh Bapak Prof. Dr. Zurqoni M. Ag selaku dosen pembimbing I dan Bapak Dr. H. Achmad Ruslan Afendi M. Ag selaku dosen pembimbing II. Penelitian ini dilatarbelakangi dari ketertarikan peneliti terhadap peran guru dalam mengatasi permasalahan baca Al-Qur‟an dimana pembelajaran ALQura‟n ini biasa ada di Taman Pendidikan Al-Qur‟an dan kita telah ketahui bersama bahwa Taman Pendidikan Al-Qur‟an bertujuan dalam rangka untuk menyiapkan anak didiknya menjadi generasi Qurani, yaitu komitmen dan menjadikan Al-Qur‟an sebagai pandangan hidup sehari-hari. Hal ini sesuai dengan petunjuk dalam buku dimana TKA- Taman Pendidikan Al-Qur‟an Nasional, yaitu: dapat membaca Al-Qur‟an dengan benar sesuai dengan ilmu tajwid, dapat melakukan shalat dengan baik dan terbiasa hidup dalam suasana yang Islami, dapat menulis huruf-huruf Al-Qur‟an, hafal surat-surat pendek, ayat-ayat pilihan dan do‟a sehari-hari. Walaupun kemampuan guru dalam mengajar harus ditingkatkan tetapi pada kenyataannya banyak guru belum bisa menyelesaikan permasalahan-permasalahan yang ada di Taman Pendidikan Al-Qur‟an, khususnya dalam bidang meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur‟an, sehingga dampak yang terjadi adalah masih banyak santri Taman Pendidikan AlQur‟an yang masih kurang memahami dalam membaca Al-Qur‟an. Berdasarkan hal tersebut tujuan dari peneliti ini adalah untuk mengetahui bagaimana peran guru Taman Pendidikan Al-Qur‟an dalam meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur‟an di Taman Pendidikan Al-Qur‟an As-Shomad Lempake Samarinda. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian lapangan yang bersifat deskriptif kualitatif. Sumber data dalam penelitian ini diperoleh dengan teknik pengumpulan data yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Teknik analisa data menggunakan langkah-langkah Miles dan Huberman yaitu Data Condensation (Kondensasi data), Data Display (Penyajian data), dan Conclusion drawing/verifivation (Pengambilan kesimpulan). Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan bahwa terdapat peran guru dalam meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur‟an sepeti peran guru sebagai sumber belajar, peran guru sebagai demonstrator, dan peran guru ebagai motivator kemudian terdapat pula permaslahan yaitu 1) problematika santri dalam memperbaiki bacaan Al-Qur‟an yaitu a) Dukungan orang tua b) kesadaran diri pada anak c) waktu yang sangat minim 2) faktor pendukung dalam meningkatkan kemampuam membaca Al-Qur‟an yaitu dilihat dari segi metode pengajaran guru yang beragam.en_US
dc.publisherUINSI Samarindaen_US
dc.subjectPeran Guru, Membaca Al-Qur’anen_US
dc.titlePeran Guru Dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Al-Qur’an di Taman Pendidikan Al-Qur’an As- Shomad Lempake Samarindaen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record