Implementasi Habituasi Karakter Religius Siswa SMP Islamic Center Samarinda
Abstract
ABSTRAK
Refki Agung Purwanto, 2023. Implementasi Habituasi Karakter Religius Siswa SMP Islamic Center Samarinda. Skripsi, Program Studi Pendidikan Agama Islam, Universitas Islam Negeri Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda. Penelitian ini dibimbing oleh Prof. Dr. Zurqoni, M. Ag. selaku pembimbing I dan Dr. Agus Setiawan, M. Pd.I selaku pembimbing II.
Latar belakang penelitian ini berasal dari dunia pendidikan dalam peningkatan gelombang globalisasi dan kemajuan teknologi yang signifikan, menyebabkan dekadensi moral yang begitu marak, sehingga membuat moralitas dan karakter bangsa yang semakin hari menurun. Terkhususnya dalam dunia pendidikan itu sendiri, terdapat perilaku yang tidak menunjukkan sifat positif anak, seperti tawuran antar siswa, mencontek saat ujian, membully, dan sifat tidak jujur. Hal tersebut sangat mengkhawatirkan dunia pendidikan dan fenomena tersebut sangat membutuhkan perhatian khusus. Salah satu bentuk upaya yang dilakukan melalui program habituasi dalam membentuk karakter yang baik. Oleh karena itu peneliti tertarik untuk melakukan penelitian mengenai implementasi habituasi karakter religius siswa SMP Islamic Center Samarinda, dimana sekolah tersebut merupakan sekolah yang memiliki berbagai macam program unggulan. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan impelementasi habituasi karakter religius, pengalaman dan makna habituasi karakter religius serta faktor pendukung dan penghambat habituasi karakter religius.
Penelitian ini merupakan jenis kualitatif dengan pendekatan fenomenologi. Pengumpulan data-data diperoleh dari observasi, wawancara, dan dokumentasi. Informan penelitian ini adalah Kepala SMP Islamic Center Samarinda, Waka Kurikulum, Wali kelas VIII Ikhwan, dan peserta didik kelas VIII Ikhwan. Adapun uji keabsahan data melalui triangulasi teknik dan sumber data serta confirmability. Analisis data menggunakan langkah-langkah horizonalisasi, deskripsi tekstural, deskripsi struktural, dan penarikan esensi makna akan fenomena.
Hasil penelitian menunjukan bahwa 1) Implementasi Habituasi Karakter Religius Siswa SMP Islamic Center Samarinda telah berjalan dengan baik dan tepat serta memberikan dampak positif dalam membentuk karakter religius siswa. Beberapa bentuk habituasi yang dilaksanakan seperti, habituasi secara terprogram, habituasi secara rutin dan habituasi secara spontan. 2) Pengalaman dan makna habituasi karakter religius siswa adalah terbentukya sikap-sikap religius, munculnya kepekaan terhadap nilai-nilai religius dalam setiap kegiatan keagamaan dan sosial, dan lebih mengenali nilai-nilai religius sebagai nilai kebaikan dalam agama. 3) Faktor pendukung dari Implementasi program habituasi karakter religius siswa SMP islamic center samarinda adalah keteladanan pendidik, pendekataan yang beragam, serta kebudayaan dan lingkungan islami. Sedangkan faktor penghambatnya adalah kurangnya keseriusan dari siswa dalam melaksanakan program habituasi, perbedaan persepsi antara sekolah dan juga keluarga di rumah, ketidakhadiran guru dalam pelaksanaan habituasi.