dc.description.abstract | ABSTRAK
Ahmad Faiz 2019 “Implementasi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) Dalam Pembentukan Karakter Siswa Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Samarinda ( Studi Multisitus di SMK Muhammadiyah 3, SMK TI Airlangga dan SMK Negeri 8 )”. Tesis . Program Studi Pendidikan Agama Islam (PAI) , Progam Pascasarjana Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Samarinda”. Penelitian ini di bimbing oleh Dr.Abdul Majid, MA sebagai Pembimbing I dan Dr.Hj. Fathul Jannah.M.SI .sebagai Pembimbing II.
Latar belakang penelitian implementasi pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) dalam pembentukan karakter siswa SMK Samarinda ini adalah berupa rangkaian kegiatan yang meliputi perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi dalam pembentukan karakter religious, disiplin, tanggung jawab, toleransi dan kerja keras yang dilakukan di SMK Samarinda. Penerapan pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) merupakan pembelajaran yang dapat membantu pendidik dalam membentuk karakter peserta didik melalui pembiasaan diri juga kegiatan keagamaan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) dalam pembentukan karakter siswa di SMK Samarinda.
Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif, yaitu menggambarkan dalam bentuk konkrit. Tehnik pengumpulan data di lakukan dengan cara observasi, wawancara dan dokumentasi sumber data 3 orang guru PAI, 3 kepala sekolah dan beberapa siswa SMK Samarinda. Analisis data yang digunakan adalah melalui 3 tahap, yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian ini menunjukan bahwa implementasi pembelajaran pendidikan agama Islam (PAI) dalam pembentukan karakter siswa di SMK Samarinda adalah: 1) Implementasi pembelajaran PAI dengan tiga tahap yaitu perencanaan pembelajaran yang baik , pelaksanaan pembelajaran melalui materi pelajaran PAI dan evaluasi pembelajaran mencakup aspek pengetahuan, keterampilan dan sikap, 2) Pembentukan karakter siswa melalui pembelajaran PAI dan pembiasaan diri dalam kegiatan keagamaan, 3) Implementasi pembelajaran PAI dalam pembentukan karakter siswa di SMK Samarinda telah terlaksana melalui tiga tahap yaitu a) Perencanaan dengan merumuskan tujuan pendidikan karakter siswa sesuai dengan visi, misi, dan tujuan di SMK Samarinda, membuat peraturan kegiatan keagaamaan yang sesuai dengan pembentukan karakter, membuat pedoman pelanggaran serta hukuman yang akan diberikan kepada pelanggaran kegiatan pembentukan karakter. b) Pelaksanaan dengan memberikan pengarahan dan memotivasi berkenaan dengan pendidikan karakter siswa, mengambil keputusan atas tindakan pelanggaran kegiataan karakter siswa c) Evaluasi. Dan nilai–nilai karakter yang di tanamkan didalamnya antara lain yaitu nilai nilai karakter religious, disiplin, toleransi, tanggung jawab dan kerja keras. | en_US |