Implementasi Program Qiratu; Kutub Pada Siswa SMA Al-Munawwaroh Tenggarong
Abstract
ABSTRAK
Muhamad Ego, 2023. “ Implementasi Program Qiratu; Kutub Pada Siswa SMA Al-Munawwaroh Tenggarong”. Skripsi Program Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Universitas Islam Negeri Sultan Aji Muhammad Idris (UINSI) Samarinda, Penelitian ini dibimbing oleh Wahdatun Nisa, MA. dan Imroh Atul Musfiroh, M.Pd.I
Latar belakang dari penelitian ini adalah bahwa di SMA AlMunawwaroh Tenggarong peneliti menemukan adanya pelaksanaan program–program keagamaan di sekolah salah satunya yaitu program qiratul kutub. Disini peneliti ingin mengetahui kelebihan program Qiratul Kutub yang di laksanakan dan apa saja faktor penghambat dan pendukung program Qiratul Kutub yang di laksanakan di SMA Al-Munawwaroh Tenggarong.
Adapun Metode penelitian dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Penelitian dilakukan di SMA Al-Munawwaroh Tenggarong. Adapun Sumber data diperoleh dari Kepala sekolah, Ustad yang mengajar qiratul kutub dan Siswa. Dalam pengumpulan data, peneliti menggunakan metode observasi, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Sedangkan untuk analisisnya peneliti menggunakan teknik analisis deskriptif, yaitu berupa kondensasi data, penyajian data, penarikan kesimpulan.
Adapun hasil penelitian ini adalah: adanya implementasi qiratul kutub di SMA Al-Munawwaroh tenggarong untuk mengembangkan pengetahuan siswa yang lebih luas. Adanya perencanaan dari pihak sekolah yang selaras visi sekolah untuk meningkatkan pengetaahuan siswa dan kemampuan siswa dalam membaca qiratul kutub dan mengadakan rapat untuk langkah-langkah kedepannya agar tersusun dan terencana dengan baik program ini. Adanya pelaksanaan tentang program qiratul kutub yang mana program tersebut sudah ada jadwalnya yaitu dari hari rabu sampai jum’atdan setelah terjadinya pelaksaan kita juga mengadakan evaluasi agar kita tau seberapa jauh perkembangan pengetahuan siswa siswi dan sejuh mana kemampuannya dan itu kita mengadakan evaluasi sebulan sekali. Faktor pendukung dan penghambat dalam penerapan program quratul kutub pada siswa SMA Al-Munawarah dilakukan sebagai berikut: mempunyai ustad-ustad yang berkualitas, mempunyai sarana dan prasana yang cukup memadai. Oleh karena itu adanya faktor pendukung ini kita mampu untuk menjalankan program keagamaan dengan baik karena faktor pendukung ini sangat membantu berjalannya program ini. Adapun faktor penghambat ialah, kurangnya kesadaran diri dari siswa, Faktor ini mempengaruhi pembelajaran dikarenakan susahnya siswa untuk belajar.