Upaya Guru Dalam Menanamkan Toleransi beragama di SMP Negeri 31 Samarinda
Abstract
ABSTRAK
Irma Nur Hakiki, 2023,“Upaya Guru Dalam Menanamkan Toleransi beragama di SMP Negeri 31 Samarinda”, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Universitas Islam Negeri Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda. Skripsi ini dibawah bimbingan Dr. Muchammad Eka Mahmud, M.Ag sebagai pembimbing I dan H. Susanto, Lc.M.Pd.I sebagai pembimbing II.
Latar belakang penelitian ini adalah tidak terlihat adanya perbedaan antara siswa muslim dan non muslim. Mereka saling membaur satu sama lainnya. Hal tersebut bisa terjadi karena SMP Negeri 31 Samarinda menerapkan nilai-nilai toleransi dengan tidak adanya saling diskriminasi antar siswa, guru memberikan peluang yang sama kepada seluruh siswa, memberikan ucapan selamat ketika teman non muslim merayakan natal begitupun sebaliknya. nilai-nilai yang ditanamkan bertujuan agar siswa muslim tidak memandang siswa non muslim dengan pandangan kebencian. Sehingga siswa memiliki jiwa toleransi yang tinggi. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui penanaman nilai-nilai toleransi beragama di SMP Negeri 31 Samarinda.
Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research) dengan menggunakan metode Kualitatif. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 31 samarinda. Teknik pengumpulan data antara lain wawancara, dokumentasi dan observasi. Adapun yang menjadi sumber data adalah guru, kepala sekolah dan siswa SMP Negeri 31 Samarinda. Selanjutnya, teknik analisis data yang digunakan yaitu kondensasi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan.
Hasil yang diperoleh dari penelitian ini yaitu : yaitu tidak melakukan diskriminasi terhadap siswa minoritas, saling menghormati dan menghargai teman yang berbeda agama dan teman yang melakukan kegiatan keagamaan, terjalinnya sikap persaudaraan dalam kegiatan ekstrakurikuler dan kegiatan lain, siswa non muslim ikut andil dalam kegiatan hari besar islam, tidak melakukan bullying dan guru memberikan peluang yang sama kepada seluruh siswa dalam kepengurusan sekolah. Selain itu, juga guru menjadi teladan bagi siswanya. Guru mendidik dan membimbing, memelihara kerukunan, dan kedamaian, serta menumbuhkan persatuan dan kesatuan sehingga terciptanya ukhuwah antar umat beragama.