dc.description.abstract | ABSTRAK
Neta Praselia, 2022. “Implementasi Kompetensi Pedagogik Guru PPG dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa di Sekolah Menengah Pertama Negeri 1 Tenggarong”. Skripsi, Program Studi Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Unversitas Islam Negeri (UIN) Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda. Penelitian ini di bimbing oleh Ibu Dr. Siti Julaiha, M.Pd dan Ibu Yunita Noor Azizah, M.Pd.I.
Kompetensi pedagogik salah satu kompetensi yng harus dimiliki oleh seorang guru. Kompetensi pedagogik merupakan kompetensi yang menuntut kemampuan guru dalam pemahaman tentang siswa dan proses pembelajaran yang mendidik. Guru bukan hanya berperan sebagai penyampaian ilmu pengetahuan saja, tetapi juga sebagai sarana pembentukan karakter siswa. Berdasarkan hasil observasi, peneliti melihat cara guru PPG di Sekolah Menengah Pertama Negeri 1 Tenggarong dalam mengaplikasikan komptensi pedagogik dalam proses pembelajaran. Di sekolah tersebut ke 3 guru Pendidkan Profesi Guru telah mengaplikasikan kompetensi pedagogik dengan baik. Oleh karena itu peneliti ingin menganalisis implementasi pedagogik guru PPG dalam meningkatkan hasil belajar siswa di Sekolah Menengah Pertama Negeri 1 Tenggarong.
Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dan menggunakan pendekatan deskriptif. Pendekatan deskriptif merupakan suatu bentuk penelitian yang digunakan untuk mendeskripsikan atau menggambarkan fenomena atau kejadian yang ada, baik fenomena yang bersifat alami maupun rakayasa manusia. Penerapan metode kualitatif pada pengumpulan data kepada informan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi yang datanya digunakan untuk mengetahui implementasi kompetensi pedagogik guru PPG dalam meningkatkan hasil belajar siswa.
Hasil penelitian ini yaitu (1) implementasi kompetensi pedagogik guru PPG dalam meningkatkan hasil belajar siswa di SMP Negeri 1 Tenggarong yaitu guru PPG PAI di SMP Negeri 1 Tenggarong guru sudah dapat menguasai tentang landasan kependidikan, memahami karakteristik siswa, mengembangkan kurikulum dan rencana pembelajaran, memanfaatkan teknologi dengan baik, guru mampu melakukan evaluasi untuk mengukur kemampuan siswa, guru dapat menggunakan metode yang mendidik sesuai dengan kemampuan siswa, dan memberikan motivasi yang baik agar siswa semangat dalam menuntut ilmu sehingga dapat meningkatkan hasil belajar siswa. (2) strategi dalam meningkatkan hasil belajar siswa di SMP Negeri 1 Tenggarong yaitu dengan memilih strategi yang sesuai dengan materi pembelajaran yang dapat membuat siswa menjadi nyaman dan menyenangkan ketika pembelajaran berlangsung, salah satunya dengan strategi kooperatif | en_US |