Penerapan Model Project Based Learning (PJBL) Pada Anak Kelompok B Di KB/TK Islam Al-Azhar 46 Samarinda
Abstract
ABSTRAK
Shella Yusufi, 2023, “ Penerapan Model Project Based Learning (PJBL) Pada Anak Kelompok B Di KB/TK Islam Al-Azhar 46 Samarinda”. Skripsi Program Studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini, Jurusan Pendidikan Madrasah, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Universitas Islam Negeri Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda. Penelitian ini dibimbing oleh pembimbing I Dr. Hj. Robingatin, M.Ag dan pembimbing II Nurwati, M.Pd.
Penelitian ini dilatarbelakangi adanya model Project based learning (PJBL) begitu penting bagi peserta didik karena dalam model pembelajaran project based learning ini, peserta didik mendapatkan pembelajaran hal baru dari pengetahuan dan kemampuan dalam pembelajarannya. Project based learning ini menjadi topik yang menarik karena di sekolah ini sudah mulai menerapkan IKM (Implementasi Kurikulum Merdeka) dan model project based learning ini lebih menekankan pada keefektifaan pembelajaran oleh karena itu, project based learning ini memungkinkan peran pendidik untuk mengembangkan proses pembelajaran yang inovatif dan bias menjadi salah satu alternatif dalam melaksanakan proses kegiatan belajar mengajar. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui penerapan model project based learning (PJBL) pada anak kelompok B di KB/TK Islam Al-Azhar 46 Samarinda.
Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif deskriptif. Lokasi penelitian beradi di KB/TK Islam Al-Azhar 46 Samarinda. Subjek penelitiannya adalah anak kelas TK B1 dan TK B2 serta guru sentra . Teknik pengumpulan data yang dilakukan yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik Analisis data terdiri dari tiga tahap yaitu kondensasi data, display data, dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian ini menunjukkan Penerapan Model Project Based Learning (PJBL) pada anak kelompok B di KB/TK Islam Al-Azhar 46 Samarinda, terdiri dari beberapa tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi yang mana penerapan model project based learning yaitu memberikan literasi, penentuan project, perancangan pelaksanaan project, penyusunan jadwal project, memonitor pelaksanaan project, dan kegiatan akhir.