dc.description.abstract | Shofi Syifa‘ul Fuadiyah Ahla, 2023. ―Nilai-Nilai Pendidikan Karakter
Dan Relevansinya Dengan Era Society 5.0 Pada Film Iqro‟: Petualangan Meraih
Bintang”. Tesis. Program Studi Pendidikan Agama Islam, Program Pascasarjana
Universitas Negeri Islam Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda. Penelitian ini
dibimbing oleh Prof. Dr. M. Abzar Duraesa, M.Ag. Sebagai pembimbing I dan
Dr. Sy. Nurul Syobah, M.Si.Sebagai pembimbing II.
Latar belakang penelitian ini ialah bentuk dari pendidikan karakter yang
saat ini banyak menghadapi tantangan. Belum lagi tergerusnya karakter anak
dampak dari realita yang terjadi saat ini, dengan perkembangan teknologi yang
kian canggih seharusnya pendidikan karakter juga membaik. Akan tetapi problem
yang ditemukan bermacam-macam sehingga menggerus karakter yang telah
dicanangkan oleh orang tua. Terlebih dalam mendidik karakter anak wajib
dimulai dari masa golden age sehingga perlu diadakan penanaman nilai
pendidikan karakter yang baik. Dari bahaya gempuran media lahirlah cara untuk
menjadi solusi akan hal tersebut salah satunya dapat diperoleh dari media film,
terutamaa film yang mendidik karakter. Terlebih saat ini telah memasuki era
society 5.0 yang mementingkan pembangunan dasar kualitas sumber daya
manusia dengan menguasai keterampilan seperti creativity, collaboration, critical
thinking dan communication. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui nilai-nilai
pendidikan karakter pada film Iqro‘: Petualangan Meraih Bintang. Untuk
mengetahui relevansi dengan era society 5.0.
Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Sumber data dari film
Iqro‟: Petualangan Meraih Bintang. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan
menggunakan metode Memirsa dan menyimak. Teknik analisis data yaitu dengan
menggunakan analisis naratif Tzevetan Todorov, dengan menyusun alur cerita
dari alur awal, alur pertengahan dan alur akhir. Uji keabsahan data menggunakan
triangulasi teori, triangulasi metode.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Nilai-nilai pendidikan karakter
yang terdapat pada Film Iqro‘: Petualangan Meraih Bintang terdapat 11 nilai
pendidikan karakter di tiap scene nya yang berdominan banyak nilai karakter
religius, jujur, menghargai prestasi, peduli lingkungan, peduli sosial. Seluruh nilai
tersebut dapat mewakili serta menggambarkan betapa pentingnya mendidik anak
dengan berlandaskan agama dari kecil terutama Ibadah kepada Allah dan
memperdalam Ilmu –ilmu yang ada di Bumi maupun di langit. 2) sebelas nilai
pendidikan karakter pada film Iqro‘: Petualangan Meraih Bintang memiliki
relevansi dengan era society 5.0 yang terkait pada kecakapan hidup diantaranya
ialah creativity, yaitu relevan dengan nilai karakter relegius dan kreatif. Critical
thinking relevan dengan nilai karakter peduli lingkungan, peduli sosial serta rasa
ingin tahu. Communication relevan dengan nilai karakter bersahabat dan
komunikasi, jujur serta menghargai prestasi. Collaboration relevan dengan nilai
karakter disiplin, tanggung jawab, demokratis serta semangat kebangsaan. Pada
setiap scene dialog terdapat juga penggunaaan teknologi dan pemanfaatan internet
of things seperti telfon genggam, laptop atau komputer dan televisi. Yang sering
digunakan dalam kehidupan sehari-hari. | en_US |