Show simple item record

dc.contributor.authorMernawati, Mernawati
dc.date.accessioned2023-10-16T02:02:55Z
dc.date.available2023-10-16T02:02:55Z
dc.date.issued2023-01-24
dc.identifier.urihttp://repository.uinsi.ac.id/handle/123456789/3472
dc.description.abstractABSTRAK Mernawati, 2023. “Strategi Guru Akidah Akhlak Dalam Membina Akhlakul Karimah Siswa MTs-Al Mujahidin 2 Samarinda”. Skripsi Program Studi Pendidikan Agama Islam (PAI), Jurusan Pendidikan Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK), Universitas Islam Negeri Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda. Peneliti ini dibimbing oleh Bapak Dr. H. M. Kusasi M. Pd sebagai pembimbing 1 dan Bapak Mohammad Nasrun M. Pd. I sebagai pembimbing II. Penelitian ini dilatar belakangi oleh banyak peserta didik yang kurang menerapkan akhlakul karimah karena terbawa oleh suatu golongan atau memang mereka tidak dididik sedari kecil untuk membiasakan berperilaku akhlakkul karimah. Seperti tidak berkata sopan kepada guru, melanggar peraturan sekolah, dan tidak mau melaksanakan sholat zuhur berjama‟ah. Adapun yang menjadi tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui bagaimana strategi guru akidah akhlak dalam membina akhlakul karimah siswa MTs Al-Mujahidin 2 Samarinda, (2) Untuk mengetahui bagaimana faktor pendukung dan penghambat guru akidah akhlak dalam membina akhlakul karimah siswa MTs Al-Mujahidin 2 Samarinda. Penelitian ini menggunakan jenis pendekatan kualitatif-deskriptif. Adapun sumber data penelitian ini menggunakan data primer (hasil dari informan) dan data primer (data tambahan), teknik pengumpulan data dan penelitian ini menggunakan wawancara mendalam, observasi dan dokumentasi, analisis data, menggunakan reduksi data, penyajian data, dan penarikan data, dan kesimpilan, dan pengecekan keabsahan data menggunakan ketekunan pengamat, triangulasi dan pemeriksaan sejawat. Hasil penelitian menunjukan bahwa strategi guru akidah akhlak dalam membina akhlakul karimah siswa MTs Al-Mujahidin 2 Samarinda yaitu: (1) menggunakan strategi ekspositori dimana guru memberikan contoh atau teladan kepada peserta didik bagaimana bersikap tawadhu‟ kepada guru, orang tua dan teman sejawat (2) (Dalam senyum, sapa, salam, sapa, sopan, dan santun) kepada warga sekolah (3) Menigkatkan ketakwaan siswa, strategi guru akidah akhlak MTs Al-Mujahidin 2 Samarinda adalah menggunakan strategi ekspositori dimana guru memberi nasehat kepada peserta didik tentang bagaimana dalam meningkatkan ketakwaan siswa, memberikan motivasi yang diselipkan dalam setiap kesempatan misalnya dalam proses pembelajaran. Penelitian ini juga ditemukan faktor pendukung dalam menegakkan strategi guru, seperti: adanya kerja sama dengan kepala sekolah, pemberian catatan khusus sanksi, dan adanya koordinasi dengan orang tua siswa. Sedangkan faktor penghambat dalam melakukan strategi guru, seperti: pengaruh lingkungan teman, kurangnya kesadaran diri, malas dan pengaruh penggunaan metode pembelajaran akidah akhlak. Dengan mengentahui faktor pendukung dan pengahambat strategi guru ini diharapkan kepala sekolah dan guru dapat melaksanakan program ini dengan baik.en_US
dc.publisherUINSI Samarindaen_US
dc.subjectStrategi, Guru Akidah Akhlak, Akhlakul Karimahen_US
dc.titleStrategi Guru Akidah Akhlak Dalam Membina Akhlakul Karimah Siswa MTs-Al Mujahidin 2 Samarindaen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record