“Pembelajaran PAI Berbasis Audio Visual Animasi Efektifi untuk meningkatkan pemahaman Siswa Di SMA Negeri 7 Samarinda
Abstract
ABSTRAK
Fatur fahrozi, 2022. “Pembelajaran PAI Berbasis Audio Visual Animasi Efektifi untuk meningkatkan pemahaman Siswa Di SMA Negeri 7 Samarinda. Skripsi Program Studi Pendidikan Agama Islam. Jurusan Pendidikan Islam. Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan. Universitas Islam Negeri Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda”. Dibawah bimbingan Dr. Zamroni, M.Pd selaku dosen PembimbingI lalu Muhammad Ridho Muttaqin,M.Pd.I selaku dosen pembimbing II.
Penelitian ini dilatarbelakangi dari ketertarikan peneliti terhadap media pembelajaran audio visual berbasis animasi yang di aplikasikan pada mata pelajaran Agama Islam di jenjang SMA . Sekolah yang dipilih oleh peneliti adalah SMA Negeri 7 Samarinda. Di era yang kian maju pendidikan saat ini mulai dari sistem,sarana dan prasarana dan cara mengajar telah mengikuti perkembangan akan tetapi pendidik sering sekali menggunakan strategi pembelajaran yang bersifat monoton. Salah satunya yaitu dengaan ceramah. Hal ini justru menjadikan siswa cepat bosan terhadap pembelajaran tersebut maka dalam hal ini pendidik harus melihat kondisi dan sadar bahwa pendidikan dengan cara yang biasa memiliki kekurangan jika di gunkan di era yang lebih maju seperti ini. Oleh sebab tersebut penelitian ini di buat untuk bereksperimen dan menggunkaan media pembelajaran berbentuk audio dan visual khususnya bidang animasi efektifi untuk meningkatkan pemahaman Pendidikan Agama Islam di SMA Negeri 7 Samarinda.
Hasil data yang di peroleh bersifat kuantitatif pendekatan pre-experimen dengan desain one group pre-test posttest seberapa eektifnya audio visual animasi berkaitan dengan Pemahaman khususnya di pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMA Negeri 7 Samarinda ,Populasi pada penelitian ini adalah seluruh kelas XII SMA Negeri 7 Samainda. Dan sampel penelitian ini bersifat Cluster Random Sampling sampling purposive, sampel pada penelitian ini seluruh siswa kelas XII MIPA 2 SMA Negeri 7 Samarinda berjumlah 28 siswa dari jumlah populasi sebanyak 234 siswa. Dengan teknik analisis data yaitu, uji hipotesis dan Paired Samples Test.
Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan bahwa Pembelajaran pai Berbasis Audio Visual Animasi Efektifi untuk meningkatkan pemahaman Siswa di SMA Negeri 7 Samarinda.dengan Uji Paired Samples Test diperoleh data sig (2-tailed) sebesar 0,000 < 0,05 maka Ha diterima dan Ho ditolak Untuk pengujian hipotesis dengan signifikansi 5% diperoleh nilai thitung = 177,52 > ttabel = 2.048 Artinya nilai H1 > H0 bisa dikatakan hipotesis diterima.