dc.description.abstract | Afni Dwi Ulfa, 2023. “Pengaruh Sistem Boarding School Terhadap Pembentukan Karakter Kemandirian dan Nasionalisme Siswa di SMP IT Insan Cendikia Tenggarong Seberang”. Tesis. Program Studi Pendidikan Agama Islam Pascarasarjana Universitas Islam Negeri Sultan Aji Muhammad Idris (UINSI) Samarinda. Penelitian ini dibimbing oleh Dr. Muchammad Eka Mahmud, M.Ag sebagai dosen pembimbing 1 dan Dr. Mohammad Salehuddin, M.Pd pembimbing sebagai pembimbing 2.
Pendidikan nasional telah menetapkan delapan belas indikator dalam nilai-nilai karakter diantaranya kemandirian dan nasionalisme. kemandirian dan nasionalisme sangat mempengaruhi sikap siswa kedepannya dalam menghadapi suatu masalah dan mampu berwawasan luas saat menjalankan kehidupannya. Untuk mewujudkan siswa yang memiliki karakter kemandirian dan karakter nasionalisme, maka diperlukan pendidikan yang mendukung pembentukan karakter kemandirian dan nasionalisme tersebut. Pendidikan tersebut yakni pendidikan yang berbasis sistem boarding school. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis: (1) pengaruh sistem boarding school terhadap pembentukan karakter kemandirian siswa di SMPIT Insan Cendikia Tenggarong Seberang, (2) pengaruh sistem boarding school terhadap pembentukan karakter nasionalisme siswa di SMPIT Insan Cendikia Tenggarong Seberang, dan (3) pengaruh sistem boarding school terhadap pembentukan karakter kemandirian dan nasionalisme siswa di SMPIT Insan Cendikia Tenggarong Seberang.
Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan model analisis korelasi. Teknik pengumpulan data yang dilakukan yaitu dengan menyebarkan angket kepada 67 siswa di SMPIT Insan Cendikia Tenggarong Seberang. Adapun analisis data yang digunakan yaitu uji validitas, uji reliabilitas, uji normalitas, uji linearitas, uji autokorelasi, uji heteroskedastisitas, uji korelasi, uji t, uji determinasi dan uji F, adapun analisis data yang digunakan yakni dengan bantuan IBM SPSS versi 21.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Terdapat pengaruh sistem boarding school terhadap pembentukan karakter kemandirian siswa dengan nilai t hitung sebesar 9,754 yang lebih besar dari t tabel, (2) Terdapat pengaruh sistem boarding school terhadap pembentukan karakter nasionalisme dengan t hitung 6,998 yang lebih besar dari t tabel, (3) Terdapat pengaruh sistem boarding school terhadap pembentukan karakter kemandirian dan nasionalisme siswa. Adapun nilai F hitung sebesar 47,659. Sistem boarding school berpengaruh terhadap pembentukan karakter kemandirian dan nasionalisme dengan nilai 59,8%. Artinya, masih ada beberapa faktor lain yang mempengaruhi pembentukan karakter kemandirian dan nasionalisme siswa di SMPIT Insan Cendikia Tenggarong Seberang. | en_US |