dc.description.abstract | Nur Aisyah Febriathie, 2023. “Nilai-Nilai Pendidikan Islam Pada Upacara Adat Suku Madura Di Kabupaten Kutai Kartanegara”. Tesis. Program Studi Magister Pendidikan Agama Islam Pascasarjana Universitas Islam Negeri Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda. Penelitian ini dibimbing oleh Dr. Khojir, M.SI, sebagai pembimbing I dan Dr. H. M. Kusasi, M.Pd, sebagai pembimbing II.
Latar belakang penelitian ini adalah terdapat berbagai tradisi, kebiasaan dan adat istiadat yang dilaksanakan oleh masyakat suku Madura. Tradisi tersebut disinyalir mempunyai nila-nilai pendidikan Islam. Tujuan penelitian ini yaitu: 1) Untuk mengetahui nilai-nilai pendidikan Islam pada upacara adat kelahiran suku Madura di Kabupaten Kutai Kartanegara. 2) Untuk mengetahui nilai-nilai pendidikan Islam pada upacara adat pernikahan suku Madura di Kabupaten Kartanegara. 3) Untuk mengetahui nilai-nilai pendidikan Islam pada upacara adat kematian suku Madura di Kabupaten Kutai Kartanegara.
Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan fenomenologi-antropologi. Sumber data penelitian ini adalah tokoh adat, tokoh agama dan pelaksana upacara adat. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan mengunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yaitu Interpretative Phenomenological Analysis teori dari Larkin dan Thompson dimulai dengan mencari data, membuat catatan, mengembangkan tema tertentu, menghubungkan setiap tema, melanjutkan pada informan selanjutnya dan mencari pola tertentu yang muncul pada suatu kasus serta Cross-Case Analysis teori dari Chris Ryan yaitu dengan menggabungkan temuan pada dua situs, merumuskan asumsi awal pada dua situs, mengkomparasikan dua situs secara teoritik serta disimpulkan secara teoritik. Uji keabsahan data digunakan triangulasi sumber dan teori.
Hasil penelitian ini yaitu: 1) Nilai-nilai pendidikan ibadah pada upacara adat kelahiran yaitu nilai keimanan, kepatuhan, pengabdian kepada Allah Swt. nilai memuliakan tamu dan nilai ketaatan. Sedangkan nilai pendidikan sosial berupa nilai silaturahmi, nilai persaudaraan, nilai kekeluargaan, kebersamaan, saling peduli dan tolong-menolong atau gotong royong. berbuat baik pada tetangga dan masyarakat serta saling peduli. 2) Nilai-nilai pendidikan ibadah pada upacara adat pernikahan yaitu nilai tanggung jawab, kepatuhan, saling peduli, saling menghormati, keimanan dan ketaatan. Adapun nilai pendidikan sosial berupa nilai tolong menolong, nilai saling peduli, nilai kesetaraan, nilai persaudaraan, nilai kekeluargaan, nilai saling menghormati, nilai silaturahmi dan nilai gotong-royong. 3) Nilai-nilai pendidikan ibadah pada upacara adat kematian yaitu nilai ketaatan, nilai silaturahmi, kepatuhan, nilai memuliakan tamu, pembiasaan membaca Alquran, berdzikir dan tahlil dan nilai keimanan. Sedangkan nilai pendidikan sosial berupa nilai dermawan, nilai saling peduli, nilai kekeluargaan, nilai gotong royong, empati dan simpati dan nilai persaudaraan. | en_US |