Pengaruh Adversity Quotient dan Self Efficacy terhadap Kemampuan Menghafal Al-Qur’an Siswa SMP di Kalimantan Timur
Abstract
Taufikur Rohman. 2023. “Pengaruh Adversity Quotient dan Self Efficacy terhadap Kemampuan Menghafal Al-Qur’an Siswa SMP di Kalimantan Timur”. Tesis. Program Studi Pendidikan Agama Islam, Pascasarjana Universitas Islam Negeri Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda. Penelitian Ini dibimbing oleh Dr. Mursalim, M.Ag sebagai Pembimbing I dan Dr. Umar Fauzan, M.Pd sebagai Pembimbing II.
Penelitian ini berlatar belakang melihat kemampuan siswa dalam menghafal Al-Qur’an pada sekolah yang berbasis boarding school. Terdapat faktor internal dari siswa seperti adversity quotient dan self efficacy yang dapat mempengaruhi kemampuan siswa dalam kemampuan menghafal Al-Qur’an. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh adversity quotient terhadap kemampuan menghafal Al-Qur’an, pengaruh self efficacy terhadap kemampuan menghafal Al-Qur’an, dan Pengaruh adversity quotient dan self efficacy terhadap kemampuan menghafal Al-Qur’an.
Lokasi penelitian di SMP Billingual Miftahul Ulum Tenggarong, SMP Muhammadiyah 5 Samarinda, SMP IT Tahfidz Boarding School Insan Mulia Balikpapan. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah teknik Slovin, populasinya seluruh siswa di tiga sekolah tersebut yakni sebanyak 258 orang dan sampel 157 orang. Teknik pengumpulan data berupa angket dengan jumlah item pernyataan X1 sebanyak 20 butir, Item X2 sebanyak 20 butir, dan Tes menghafal Al-Qur’an dengan 10 butir soal. Teknik analisis data menggunakan regresi linier berganda menggunakan SPSS versi 26.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa hipotesis pertama yang menyatakan bahwa variabel adversity quotient (X1) terdapat pengaruh terhadap kemampuan menghafal Al-Qur’an dapat diterima. hipotesis kedua yang menyatakan variabel Self efficacy berpengaruh terhadap kemampuan menghafal Al-Qur’an dapat diterima. Dan hipotesis ketiga yang menyatakan variabel adversity quotient (X1), self efficacy (X2) secara simultan berpengaruh terhadap kemampuan menghafal Al-Qur’an (Y) dapat diterima. Implikasi dari penelitian ini adalah pengembangan diri siswa dalam hal adversity quotient dan self efficacy merupakan hal yang penting untuk menunjang kemampuan menghafal Al-Qur’an. Hal tersebut bisa dilakukan dengan memberikan dukungan moral dan psikologis yang diperlukan, selain itu juga dengan memberikan saran serta strategi menghafal yang efektif.