dc.description.abstract | M. Asriyanto, 2023. “Peran Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Penanaman Nilai-Nilai Toleransi Antar Umat Beragama pada Peserta Didik (Studi Multi Situs di SMP Negeri 38, SMP Plus Melati dan SMP Negeri 11 Kota Samarinda)”. Tesis Program Studi Pendidikan Agama Islam Pascasarjana Universitas Islam Negeri Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda. Dengan dibimbing oleh Dr. Hj. Fathul Janah, M.SI. sebagai pembimbing I dan Dr. Agus Setiawan, M.Pd.I. sebagai pembimbing II.
Latar belakang penelitian ini adalah berdasarkan pada fenomena yang terjadi pada sekolah menengah pertama (SMP) Kota Samarinda terdapat beragam agama yang dianut oleh peserta didiknya mulai dari agama Islam sebagai agama mayoritas, Kristen, Katolik dan Hindu, namun dalam perbedaan yang ada siswa dapat hidup dengan rukun, saling tolong menolong, menghargai, bekerja sama antar siswa beda agama. Oleh sebab itu penelitian ini bertujuan untuk menganalisis nilai- nilai toleransi antar umat beragama pada peserta didik, peran guru PAI dalam penanaman nilai-nilai toleransi antar umat beragama dan faktor penghambat dan pendukung dalam penanaman nilai-nilai toleransi antar umat beragama pada peserta didik di SMP Negeri 38, SMP Plus Melati dan SMP Negeri 11 Kota Samarinda.
Jenis penelitian ini adalah jenis penelitian kualitatif dengan menggunakan pendekatan fenomenologi, adapun subjek dalam penelitian ini adalah kepala sekolah, guru pendidikan agama Islam dan siswa. Teknik pengumpulan data berupa wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data dengan tahapan data condensation, data display dan drawing and verifyling conclusions dan teknik analisis komparatif konstan. Uji keabsahan data dilakukan dengan triangulasi sumber dan teknik.
Hasil penelitian ini mendeskripsikan: 1) Nilai-nilai toleransi antar umat beragama pada peserta didik terdiri dari nilai menghargai antar umat beragama, nilai kerja sama dalam kegiatan kerja bakti, nilai tolong menolong dalam kegiatan sosial dan nilai kebebasan dalam menjalankan kegiatan keagamaan. 2) Peran guru PAI dalam penanaman nilai toleransi antar umat beragama pada peserta didik terdiri dari guru sebagai fasilitator menyediakan fasilitas pembelajaran untuk memudahkan siswa dalam memahami materi, peran sebagai pembimbing guru memberikan arahan dan bimbingan kepada siswa dalam kegiatan keagamaan, peran sebagai motivator dengan memberikan dorongan berupa nasehat dalam bersikap toleran dan peran sebagai evaluator guru melakukan penilaian dan perbaikan melalui pemberian tes dan observasi. 3) Faktor penghambat dalam penanaman nilai-nilai toleransi antar umat beragama, kemampuan dan karakter siswa yang berbeda-beda, kurangnya tenaga pendidikan agama islam, pengaruh media sosial sedangkan faktor pendukung, adanya dukungan dari pihak sekolah, adanya kegiatan keagamaan dan ekstrakurikuler, sarana prasarana yang memadai dan adanya bahan ajar yang digunakan guru maupun siswa serta adanya dukungan dari orang tua. | en_US |