Implementasi Profil Pelajar Pancasila Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Pada Siswa SMP Negeri 48 Samarinda Tahun Pembelajaran 2022/2023
Abstract
ABSTRAK
Revaldi Gunawan, 2023 “Implementasi Profil Pelajar Pancasila Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Pada Siswa SMP Negeri 48 Samarinda Tahun Pembelajaran 2022/2023”. Skripsi, Jurusan Pendidikan Islam. Penelitian ini dibimbing oleh Drs. Darwis, M.SI sebagai pembimbing I dan Rabiatul Adawiyah, M.Pd sebagai pembimbing II
Penelitian dilatar belakangi adanya kebijakan tentang penggunaan kurikulum merdeka yang memiliki program Profil Pelajar Pancasila, sebagai bentuk perwujudan pelajar sepanjang hayat yang kompeten, berkarakter, dan berprilaku sesuai dengan nilai-nilai Pancasila. Profil Pelajar Pancasila dirancang untuk menjawab suatu pertanyaan besar, tentang peserta didik dengan kompetensi seperti apa yang ingin dihasilkan. SMP Negeri 48 Samarinda menjalani program sekolah penggerak sebagai peran pelaksanaan kurikulum baru yakni merdeka belajar, meskipun masih dalam tahap pembangunan, sekolah mampu menjalankan prosedur nya sebagai sekolah penggerak terutama pada program penerapan profil pelajar pancasila. Selain dari segi ekstrakurikuler dan koorikuler, penerapan profil pelajar pancasila telah diterapkan dalam kegiatan intrakurikuler sebagai aspek terpenting dalam menerapkan dimensi dan nilai pancasila secara mendasar dengan menghubungkan materi pembelajaran dengan nilai-nilai pancasila dan menanami nilai-nilai dimensi profil pelajar pancasila.
Metode penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dengan prosedur data deskriptif, data dari kata-kata tertulis atau lisan dari orang atau aktor yang diamati. Lokasi Penelitian ini dilaksanakan di SMPN 48 Samarinda. Sumber data dalam penelitian ini adalah guru-guru Pendidikan Agama Islam dan kepala sekolah/wakil kepala sekolah di SMPN 48 Samarinda. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan kondensasi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan.
Hasil yang diperoleh penelitian ini Implementasi Profil Pelajar Pancasila Pada Siswa SMP Negeri 48 Samarinda diterapkan melalui kegiatan intrakurikuler berbasis aktivitas belajar, dengan mewujudkan indikator dimensi Profil Pelajar Pancasila terhadap karakter peserta didik dari berbagai strategi dan langkah-langkah yang digunakan oleh guru, untuk menempuh karakter dan keterampilan peserta didik, yang berhubungan dari masing-masing indikator. Profil pelajar pancasila diterapkan melalui strategi dan langkah-langkah guru yang dijalankan, melalui pembiasaan dalam menempuh karakter dan keterampilan siswa, seperti membaca doa sebelum dan sesudah pembelajaran, membaca surah-surah pendek, pendekatan kepada siswa dengan memberi nasihat dan keteladanan yang berhubungan dari setiap masingmasing indikator profil pelajar pancasila. Faktor pendukung yang mempengaruhi yakni adanya kolaboratif antara guru, tenaga kependidikan dan kepala sekolah mewujudkan nilai-nilai Profil Pelajar Pancasila, Faktor penghambat yakni keterbatasan parasana sekolah berupa gedung sebagai tempat untuk membantu merealisasikan penerapan indikator Profil Pelajar Pancasila.