Penguatan Soft Skill Siswa Melalui Kegiatan Ekstrakurikuler Di SMK Negeri 2 Sangatta Utara
Abstract
Muslihati,2023. “Penguatan Soft Skill Siswa Melalui Kegiatan Ektrakurikuler Di SMK Negeri 2 Sangatta Utara”. Tesis Program Studi Pendidikan Agama Islam Pascasarjana Universitas Islam Negeri Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda .Di bawah bimbingan Dr. M. Eka Mahmud, M. Ag selaku pembimbing I dan Dr. Moh. Salehudin, M. Pd selaku pembimbing II
Latar belakang penelitian ini berdasarkan pada kemajuan perkembangan pendidikan abad 21 beriringan dengan tingginya tuntutan hasil lulusan yang diinginkan oleh Industri Dunia Usaha dan Dunia Kerja (IDUKA) menuntut lembaga pendidikan harus mampu meyeimbangkan program-program pendidikan yang bisa memenuhi tuntutan perkembangan zaman dan tuntutan pasar kerja. SMK Negeri 2 Sangatta Utara sebagai salah satu sekolah kejuruan yang memprediksikan menghasilkan lulusan yang BMW (Bekerja, Melanjutkan Studi, Wira usaha) tentu berusaha untuk memberikan penguatan soft skill pada SMK Negeri 2 Sangatta Utara agar menghasilkan lulusan yang sudah siap dengan berbagai keterampilan.Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penguata soft skill siswa SMK Negeri 2 Sangatta Utara, bagaimana penguatan soft skill pada SMK Negeri 2 Sangatta Utara dan apa hambatan dan peluang dalam penguatan soft skill pada SMK Negeri 2 Sangatta Utara.
Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif dengan menggunakan pendekatan fenomenologi, adapun subjek dalam penelitian ini adalah kepala sekolah, Kepala Program Keahlian, guru pembina OSIS (Ketarunaan), guru pembina Ekskul dan siswa (Taruna). Teknik analisis data menggunakan analisis interaktif yang dikembangkan oleh Miles, Humberman dan Saldana dengan mengkondensasi data, menyajikan data dan menarik kesimpulan. Uji keabsahan datanya menggunakan triangulasi sumber, teknik dan waktu.Teknik pengumpulan data berupa wawancara, observasi dan dokumentasi.
Hasil penelitian ini menemukan penguata soft skill siswa SMK Negeri 2 Sangatta Utara dilakukan dengan penguatan beberapa keterampilan; 1) keterampilan berfikir kritis dan menyelesaikan masalah, 2) keterampilan bekerjasama, 3) keterampilan berkomunikasi, 4) belajar sepanjang hayat dan mengelola informasi dan 5) keterampilan kepemimpinan. Ada beberapa hambatan penguatan soft skill pada SMK Negeri 2 Sangatta Utara yaitu kontrol emosi belum seimbang, keterbukaan diri dan belum bisa menyaring informasi bermediasosial. Sedangkan peluang penguatan soft Skill pada SMK Negeri 2 Sangatta Utara yaitu kerjasama lanal Sangatta, kerjasama dengan perusahaan serta menciptakan lingkungan ramah bermediasosial.