dc.description.abstract | Nasruddin, 2023, “Penanaman Nilai-Nilai Moderasi Beragama melalui Kegiatan Ekstrakurikuler Berbasis Kearifan Lokal di MTs Darul Ihsan Samarinda”. Tesis. Program Studi Pendidikan Agama Islam, Pascasarjana Universitas Islam Negeri Sultan Aji Muhammad Idris (UINSI) Samarinda. Penelitian dibimbing oleh Dr. Hj. Fathul Janah, M.SI sebagai pembimbing I dan Dr. Edy Murdani Z, M. Pd sebagai pembimbing II.
Latar belakang penelitian ini membahas pentingnya mengintegrasikan nilai-nilai moderasi beragama melalui kegiatan ekstrakurikuler berbasis kearifan lokal di MTS Darul Ihsan Samarinda sebagai sarana pengembangan karakter siswa. Penelitian ini bertujuan untuk menginvestigasi proses penanaman nilai-nilai moderasi beragama melalui kegiatan ekstrakurikuler berbasis kearifan lokal di MTs Darul Ihsan Samarinda. Nilai-nilai moderasi beragama yang termasuk dalam penelitian ini adalah toleransi, musyawarah, cinta tanah air, anti kekerasan, dan ramah budaya.
Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan fenomenologi. Teknik pengumpulan data dikumpulkan melalui observasi partisipatif, wawancara, dan analisis dokumen. Tempat penelitian di MTs Darul Ihsan Samarinda. Sumber data, kepala madrasah, waka kurikulum, waka kesiswaan, pembina kegiatan ekstrakurikuler, dan siswa. Uji keabsahan data menggunakan triangulasi sumber data, triangulasi teori dan triangulasi metode.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa kegiatan ekstrakurikuler berbasis kearifan lokal, khususnya di bidang perayaan maulid, ziarah makam dan haulan, memberikan platform yang efektif untuk penanaman nilai-nilai moderasi beragama. Tahapan proses yang terdiri dari transformasi nilai, transaksi nilai, dan transinternalisasi memainkan peran penting dalam membentuk pemahaman dan pengamalan siswa terhadap nilai-nilai tersebut. Transformasi nilai mengintegrasikan nilai-nilai tersebut dengan konteks kearifan lokal, memperkuat pemahaman siswa tentang pentingnya moderasi beragama dalam kehidupan sehari-hari. Transaksi nilai melalui interaksi antara guru dan siswa serta diskusi kelompok membantu siswa memahami nilai-nilai moderasi beragama. Transinternalisasi yang dilakukan secara berkelanjutan dalam kegiatan ekstrakurikuler membantu siswa menginternalisasi dan menerapkan nilai-nilai moderasi beragama dalam kehidupan sehari-hari. | en_US |