dc.description.abstract | Mukhlisan, 2019. “Pengaruh Full Day School Terhadap Mutu Pembelajaran di SMA Negeri 8 Samarinda”, Skripsi, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Jurusan Pendidikan Islam, Program Studi Pendidikan Agama Islam Negeri Samarinda. Penelitian ini di bimbingan oleh Bapak Drs. Khairul Saleh M. Ag sebagai pembimbing I dan Bapak Abdul Razak M.Pd sebagai pembibing ke II.
Proses pembelajaran yang bermutu sangat erat kaitannya dengan waktu luang yang tersedia, dengan banyak waktu luang yang tersedia dapat di manfaatkan untuk memaksimalkan proses pembelajaran yang efektif dan efisien. SMA Negeri 8 Samarinda menerapkan sistim Full Day School, di antara yang menjadi pertimbangan yaitu untuk mengembangkan mutu pembelajaran. Peneliti ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Full Day School terhadap mutu pembelajaran di SMA Negeri 8 Samarinda.
Penelitian ini menggunakan penellitian kuantitatif. Yang merupakan populasi seluruh siswa SMA Negeri 8 Samarinda yang berjumlah 642. Sampel berjumlah 86 orang. Dengan menggunakan teknik Proporsionet stratified sampling dan menuntukan ukuran sample menggunakan teknik slovin. Teknik pengumpulan data yang di gunakan adalah kuesioner/ angket, Observasi dan dokumentasi. Dalam hal ini data di analisis dengan statistic deskriptif dengan menggunakan skala likert, rumus regresi linier sederhana dan korelasi product moment.
Hasil penelitian menunjukan bahwa pengaruh Full Day School terhadap mutu pembelajaran di SMA Negeri 8 Samarinda yang menggunakan rumus regresi sederhana adalah berdasarkan perhitungan 3,489 sedangkan pada pada taraf signifikan 10%: 2 = 0,005% (uji dua pihak) df= 84, maka di peroleh 1,663. Hal ini berarti jika 3,489 > 1,663. Maka Hα di terima dan Ho di tolak. Dan dibuktikan juga melalui rumus korelasi product moment sebesar 3,4881 dan sebesar 1,663 hal ini berarti lebih besar dari atau = 3,4881 > = 1,663 dengan demikian, maka dapat di simpulkan bahwa Hα di terima dan Ho di tolak yang artinya terdapat pengaruh antara full day school terhadap Mutu Pembelajaran di SMA Negeri 8 Samarinda dan besar pengaruhnya sebesar 0,355 yang berkategori lemah karena nilai r berada antara 0,20-0,399, sedangkan pengaruh Full Day School terhadap mutu pembelajaran yaitu 08,27 % dan sisanya 91,23 di pengaruhi oleh variabel- variabel lain. | en_US |